YOANDA PITA, MUNTHE (2020) MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI : PERSPEKTIF GURU DAN KEPALA SEKOLAH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABLE, LAMPIRAN.pdf Download (42kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (70kB) |
Abstract
ABSTRAK Munthe, Yoanda Pita, 2020. Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Kabupaten Muaro Jambi : Perspektif Guru dan Kepala Sekolah. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Prof. Amirul Mukminin, S.Pd. M.Sc.,Ed., Ph.D, Pembimbing (2) Dr. Harlina Harja, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Perspektif Guru dan Kepala Sekolah, Kebijakan Manjemen Berbasis Sekolah Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perspektif guru dan kepala sekolah mengenai penerapan manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Muaro Jambi :Perspektif Guru dan Kepala Sekolah. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif fenomenologi dengan teknik observasi dan wawancara. Partisipan dan narasumber dalam penelitian ini adalah 6 orang diantaranya kepala sekolah dan 5 guru. Penentuan sumber data pada orang yang diwawancarai di lakukan secara purvosive yaitu dengan di pilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perspektif guru mengenai penerapan kebijakan manajemen berbasis sekolah dapat di ketahui bahwa: adanya perspektif positif dan perspektif negative, diantaranya yaitu perspektif positif adalah kerja sama yang baik dilingkungan sekolah, terciptanya suasana belajar yang efektif, pengambilan keputusan di lakukan bersama, keterlibatan orang tua dalam pendidikan, dan menudahkan sistem pembelajaran. Dan (2) perspektif negatifnya adalah beban kerja yang semakin tinggi, dan belum tersedia pola pembinaan manajemen berbasis sekolah. (2)Perspektif kepala sekolah mengenai kebijakan manajemen berbasis sekolah, dapat penulis ketahui bahwa terdapat dua perspektif yaitu perspektif positif dan perspektif negatif. Perspektif positifnya adalah pembagian tugas pokok yang jelas, terciptanya hubungan kerja yang lebih baik, dan memberi peluang bagi sekolah untuk mengatur manajemennya, serta pengambilan keputusan di lakukan bersama. Sedangkan perspektif negatifnya adalah beban kerja yang semakin tinggi.Kesimpulan dari hasil penelitian ini terdiri dari dua perspektif yaitu perspektif positif dan perspektif negatif. Perspektif positifnya adalah kerja sama yang baik dilingkungan sekolah, terciptanya suasana belajar yang efektif di kelas, pengambilan keputusan yang dilakukan secara bersama, memudahkan sistem pembelajaran, dan pembagian tugas yang jelas. Sedangkan perspektif negatifnya yaitu beban kerja yang semakin meningkat, dan membutuhkan pola pembinaan tentang kebijakan manajemen berbasis sekolah. Saran dari penelitian ini yaitu agar pihak sekolah lebih meningkatkan sumber daya sekolahnya dengan membuat suatu pelatihan-pelatihan untuk lebih memahami mengenai kebijakan manajemen berbasis sekolah dan bagi guru dan orang tua diharapkan dapat saling bekerja sama satu sama lain.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | YOANDA PITA MUNTHE |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 02:14 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 02:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |