Analisis pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar

Fatimah, Dewi and Chan, Faizal and Sofwan, Muhammad (2021) Analisis pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I skripsi.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB V Skripsi.pdf

Download (46kB)
[img] Text
coverr dewi.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
SKRIPSI DEWI FATIMAH .pdf

Download (1MB)
[img] Text
DEWI.pdf

Download (516kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan adanya pandemi ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yaitu pembelajaran harus dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SDIT Ahmad Dahlan tepatnya pada kelas V A. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian fenomenologi, yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran daring, Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SDIT Ahmad Dahlan tepatnya pada kelas V A sudah terlaksana, sarana dan prasarana yang dibutuhkan guru dan peserta didik sudah tersedia sehingga mendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran daring memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru untuk lebih kreatif dalam mengajar selain itu siswa dituntut untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih aktif belajar. Namun, pembelajaran daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: DEWI FATIMAH
Date Deposited: 19 Jan 2021 02:24
Last Modified: 19 Jan 2021 02:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15935

Actions (login required)

View Item View Item