Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa FKIP pendidikan ekonomi angkatan 2016 Universitas Jambi

Indriani, Firda and M.Pd, Drs.H, Arpizal and M.E, Dra, Refnida (2020) Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa FKIP pendidikan ekonomi angkatan 2016 Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi FIRDA INDRIANI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
hal judul.pdf

Download (25kB)
[img] Text
hal persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (963kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

Indriani, Firda. 2020. Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Minat menjadi Guru terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Jambi: Skripsi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas jambi, Pembimbing (1) Dr. Arpizal, M.Pd. (II) Dra. Refnida,. M.E. Kata kunci:Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Menjadi Guru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Kesiapan Menjadi Guru. Hal ini disebabkan oleh Pengenalan Lapangan Persekolahan di sekolah diterapkan secara optimal dikarenakan kurangnya latihan mengajar terhadap calon tenaga pendidik. Selain itu rendahnya Minat Menjadi Guru pada mahasiswa yang kurang memahami materi pelajaran dengan fenomena yang harus dikuasai secara optimal dikarekan kurangnya pemahaman saat proses belajar mengajar, dimana Kesiapan Menjadi Guru belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang positif dan signifikan antara Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2016. 2) Pengaruh yang positif dan signifikan antara Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2016. 3) Pengaruh yang signifikan antara Pengenalan Lapangan Persekolahan dan Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Pendidikan ekonomi Angkatan 2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif metode Ex-post facto dengan populasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah samlingl jenuh dengan jumlah responden 96 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2016. Ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikannya 0,032 < 0.05 dan nilai koefesien regresi variabel Pengenalan Lapangan Persekolahan (X1) Sebesar 0.197 bertanda positif serta nilai thitung >ttabel (6.358>1.690). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Menajadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2016 (X2) sebesar 0,480 bertanda positif serta nilai thitung>ttabel (6.358>1.690). 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengenalan Lapangan Persekolahan dan Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Menajadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2016. Ini dapat dibuktikan dengan nilai F sebesar 47.822 pada signifikansi 0,000 R2 96%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: FIRDA INDRIANI
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:06
Last Modified: 19 Jan 2021 03:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15952

Actions (login required)

View Item View Item