Implementasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar

Febrianti, Ima and Hariandi, Ahmad and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) Implementasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas VI Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
SKRIPSI IMA FEBRIANTI_A1D117091 .pdf

Download (3MB)

Abstract

BAB V SIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN 5.1 Simpulan Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa implementasi penggunaan Google Classroom sangat membatu dalam proses pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 sekarang ini, adapun dengan menggunakan aplikasi Google Classroom ini guru bisa memantau kegiatan – kegiatan belajar siswa, seperti absen, penjelasan materi dan pengiriman tugas – tugas yang diberikan. Adapun perencanaan yang disusun guru dalam melangsungkan kegiatan pembelajaran daring ini tentu saja guru menyiapkan silabus, RPP, LKPD, hingga tugas – tugas yang akan diberikan nanti. Bahkan guru juga menyiapkan video pembelajaran. Untuk media yang digunakan guru, biasanya guru menggunakan media pembelajaran berupa video, gambar dan PPT. Pelaksanaan penggunaan Google Classroom digunakan setap kegiatan belajar mengajar yaitu setiap hari senin-jum’at. Adapun hal-hal yang harus disiapkan oleh guru dalam pelaksanaan penggunaan Google Classroom yaitu pada pembelajaran daring ini telah berjalan dengan baik. Untuk strategi yang dilakukan guru adalah menyampaikan materi yang poin-poin saja agar peserta didi tidak bosan. Pada pembelajaran daring dengan menggunakan Google Classroom sudah terlihat yakni peserta didik sudah bisa memanfaatkan Google Classroom sebagai media pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 dan juga dari nilai-nilai seharian yang dikerjakannya peserta didik telah tercapai KKM. Selanjutnya pada evaluasi penggunaan Google Classrooom, guru melakukan evaluasi penilaian seperti biasa yaitu penilaian kognitif, afektif, maupun psikomotor yang diamati oeh guru secara online. Seperti penilaian kognitif yang diamati dari hasil belajar sisswa. Penilaian sikap siswa dapat diamati pada pembelajaran online yaitu terlihat pada pembelajaran daring terlihat sikap siswa bagus. Penilaian psikomotor diamati melalui kegiatan praktik. 5.2 implikasi Berdasarkan simpulan hasil penelitian yang telah dikemukakan di atas, implikasi dari hasil penelitian ialah berguna untuk menambah informasi mengenai implementasi penggunaan Google Classroom pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar, dan dapat memperkaya pengetahuan mengenai penggunaan Google Classroom pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Selain itu dapat berguna untuk memberikan motivasi kepada pihak sekolah dalam mengimpementasiikan penggunaan Google Classroom pada pembelajaran daring masa pandemi ini. Penelitian ini ini juga mampu memberikan evaluasi berupa penilaian bagi sekolah dalam penggunaan Google Classroom pada pembelajaran daring di sekolah dasar. 5.3 Saran Selama penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh beberapa temuan yang dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi penyempurnaan dalam implementasi penggunaan Google Classroom pada pembelajaran daring masa pandemi Covid-19.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Ima Febrianti
Date Deposited: 19 Jan 2021 01:46
Last Modified: 19 Jan 2021 01:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15958

Actions (login required)

View Item View Item