ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIDEO CONFERENCE DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENURUT TEORI DOGGETT DI SMK NEGERI 6 KOTA JAMBI

SIMANJUNTAK, NOVITA SARI (2020) ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMANFAATAN TEKNOLOGI VIDEO CONFERENCE DALAM PROSES PEMBELAJARAN MENURUT TEORI DOGGETT DI SMK NEGERI 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA SARI SIMANJUNTAK-pdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
COVER-pdf.pdf

Download (42kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I-pdf.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB V-pdf.pdf

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-pdf.pdf

Download (103kB)

Abstract

Simanjuntak, Novita Sari (2020). Analisis Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Teknologi Video Conference dalam Proses Pembelajaran Menurut Teori Doggett di SMK Negeri 6 Kota Jambi. Skripsi. Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi: (I) Ferdiaz Saudagar, S.Pd., M.Pd. (II) Sophia Rahmawati, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Persepsi Peserta Didik, Pemanfaatan Video Conference Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik dalam pemanfaatan teknologi video conference dalam proses pembelajaran dengan menggunakan teori Doggett (2008) pada peserta didik kelas XI dan XII SMK Negeri 6 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan survey cross-section. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri 6 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik proportionate stratified random sampling sebanya 192 orang peserta didik kelas XI dan XII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dari kemandirian siswa dalam belajar (X1) terhadap persepsi peserta didik dalam pemanfaatan video conference (Y) dengan nilai thitung sebesar 13,373 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,973 diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel yaitu 13,373 > 1,973 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, (2) Terdapat pengaruh positif dari kemampuan instruktur video conference (X2) terhadap persepsi peserta didik dalam pemanfaatan video conference (Y) dengan nilai thitung sebesar 12,678 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,973 diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel yaitu 132,678 > 1,973 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kemandirian siswa dalam belajar (X1) dan kemampuan instruktur video conference (X2) secara bersama-sama terhadap persepsi peserta didik dalam pemanfaatan video conference (Y) denan nilai Fhitung sebesar 92,903 sedangkan nilai Ftabel sebesar 3,04 diperoleh hasil bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu 92,903 > 3,04 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar peserta didik meningkatkan pengetahuan dengan meningkatkan kemandirian belajar dan kepada guru untuk meningkatkan pengetahuan dalam menguasai penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran khususnya teknologi video conference dan membimbing siswa dalam meningkatkan kemandirian belajar untuk meningkatkan persepsi dan sudut pandang peserta didik dalam pemanfaatan video conference dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: NOVITA SARI SIMANJUNTAK
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:17
Last Modified: 19 Jan 2021 03:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15966

Actions (login required)

View Item View Item