Pengembangan Modul Elektronik Berbasis kearifan Lokal Tradisi Betangas Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Kelas V Sekolah Dasar

Putri, Embarianiyati (2020) Pengembangan Modul Elektronik Berbasis kearifan Lokal Tradisi Betangas Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
halaman judul.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Lembar persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Putri. Embarianiayati. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Betangas Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar. FKIP. Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer.nat. Asrial, M.Si (II) Alirmansyah, S. Pd., M. Pd Kata Kunci: Modul Elektronik, Kearifan Lokal, Tradisi Betangas, Kvisoft Flipbook Maker. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kearifan lokal untuk dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam pembelajaran Sekolah Dasar yang mana sesuai dengan Permendiknud No 22 tahun 2016 tentang Standar Proses. selain itu, berdasarkan observasi dan wawancara terdapat permasalahan terkait dengan guru belum mengintegrasikan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Kurangnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara mengembangkan modul elektronik berbasis kearifan lokal tradisi betangas untuk kelas V Sekolah Dasar, (2) mengetahui kevalidan dari modul yang dikembangkan, (3) menegetahui kepraktisan dari modul yang dikembangkan. Metode penelitiaan ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yaitu (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Impelementation (5) Evaluation. Akan tetapi pada penelitian ini pengembangan modul elektronik hanya sampai pada tahap pengembangan (Development). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian. Instrumen penelitian ini berupa angket validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli praktisi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Modul elektronik untuk siswa kelas V Sekolah Dasar berbasis kearifan lokal dengan tema “ Panas dan Perpindahannya”. (2) Tingkat kevalidan modul elektronik berbasis keraifan lokal tradisi betangas menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk kelas V Sekolah Dasar yang diperoleh dari validator ahli materi dengan nilai 3,7 termasuk kategori sangat valid dengan presentase 92,5%, validator ahli media dengan nilai 3,75 termasuk kategori sangat valid dengan presentase 93,75%, validator ahli bahasa dengan nilai 3,75 termasuk kategori sangat valid dengan presentase 93,75%. (3) Tingkat kepraktisan modul yang dikembangkan dengan ahli praktisi yang dilakukan oleh 3 orang guru kelas V Sekolah Dasar diperoleh nilai 3,8 termasuk kategori sangat praktis Simpulan dari penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar modul berbasis kearifan lokal tradisi betangas menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker untuk kelas V Sekolah Dasar yang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Saran penelitian adalah agar guru lebih kreatif dan inovatif dalam membuat bahan ajar dan diharapakan adanya penelitian berkelanjutan berbasis keraifan lokal dengan tema yang lain.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Embarianiyati Putri
Date Deposited: 19 Jan 2021 01:50
Last Modified: 19 Jan 2021 01:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15967

Actions (login required)

View Item View Item