implementasi model pembelajaran blended learning di kelas v sekolah dasar pada masa pandemi covid 19

mawahdah, zakiah and yantoro, yantoro and hariandi, ahmad (2021) implementasi model pembelajaran blended learning di kelas v sekolah dasar pada masa pandemi covid 19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (10kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)

Abstract

Mawahdah, Zakiah. 2021. Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Kelas V Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci : blended learning, online, tatap muka Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran blended learning di kelas V A SD Negeri 55/I Sridadi pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 55/I Sridadi pada November-Desember 2020. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang implementasi model pembelajaran blended learning yang diperoleh melalui metode wawancara dan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru kelas V A dan perwakilan siswa kelas V A. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran blended learning di kelas V A pada masa pandemi covid-19 sudah terlaksana dimulai dari perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru seperti perangkat pembelajaran, mengatur jadwal pembelajaran antara tatap muka dan online, dan bahan ajar untuk pembelajaran blended learning. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan sintaks blended learning yaitu seeking of information, acquisition of information dan shyntesizing of knowledge yang dilakukan baik pada pembelajaran online maupun tatap muka. Penilaian pembelajaran blended learning meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diamati pada pembelajaran online dan tatap muka dengan cara-cara tertentu. Adapun kendala dalam penerapan model blended learning adalah akses internet yang tiba-tiba mengalami gangguan pada saat melakukan pembelajaran online. Sedangkan pada pembelajaran tatap muka terkadang masih ada siswa yang lupa memakai protokol kesehatan seperti masker. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa implementasi model blended learning di kelas V A dapat dilihat melalui kegiatan perencanaan bahwa guru sudah menyiapkan perangkat pembelajaran, jadwal dan bahan ajar. Pada kegiatan pelaksanaan sudah sesuai dengan sintaks blended learning. Pada kegiatan penilaian dilakukan secara tatap muka dan online.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ZAKIAH MAWAHDAH
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:14
Last Modified: 19 Jan 2021 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15968

Actions (login required)

View Item View Item