Lestari, Wiji and Arsil, Arsil and Noviyanti, Silvina (2021) PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI WIJI LESTARI repository.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
halaman persetujuann.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI,GAMBAR, TABLE, LAMPIRAN.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
ABSTRAK Lestari, Wiji. 2021. Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Pembelajaran dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 kelas VI di Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: WhatsApp, Media Pembelajaran, Pembelajaran dalam Jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid-19 di kelas VI B SDN 131/IV Kota Jambi (2) Hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid-19 di kelas VI B SDN 131/IV Kota Jambi (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid-19 di kelas VI B SDN 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 131/IV Kota Jambi pada bulan Oktober – November 2020. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan mengenai pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid-19. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama Wali kelas yang menjadi sumber utama dari penelitian ini, kemudian wawancara bersama 5 peserta didik kelas VI B, observasi berupa observasi partisipasi pasif serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil wawancara. Hasil penelitian menujukkan bahwa guru telah memanfaatkan WhatsApp sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran dalam jaringan (Daring) dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur foto, video, dokumen dan video call. Kemudian dalam pelaksanaan pemanfaatan WhatsApp sebagai media pembelajaran terdapat bebarapa hambatan yaitu gangguan Sinyal, memori HP penuh, Kurangnya Interaksi, sulit mengetahui keseriusan belajar peserta didik, kurangnya motivasi belajar peserta didik, fasilitas pendukung pembelajaran online, dan sulit memahami materi yang diberikan, serta pada penelitian ini mendekripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi dari pemanfaatan whatsApp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid-19. Dari hasil penelitian ini disarankan agar pendidik mampu membuat variasi pembelajaran terutama dengan menggunakan fitur yag ada pada whatsApp, menguasai dan menggunakan TIK dalam proses pembelajaran dalam jaringan (Daring).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | WIJI LESTARI |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 03:09 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 06:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |