Strategi guru mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran daring kelas V sekolah dasar YKPP bajubang

Oktiutami, Vera and Syahrial, Syahrial and Sofwan, Muhammad (2020) Strategi guru mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran daring kelas V sekolah dasar YKPP bajubang. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKAA.pdf

Download (2kB)

Abstract

ABSTRAK Oktiutami, Vera. 2020. Strategi Guru Mengatasi Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Daring di Kelas V SD YKPP Bajubang, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D., (II) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Daring Pembelajaran daring menimbulkan beberapa kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, oleh karena itu agar masalah kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dapat diatasi dengan baik guru diharapkan dapat menggunakann strategi yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi-strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengatasi masalah kesulitan belajar pada pembelajaran daring yang di kelas V Sekolah Dasar YKPP Bajubang. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan fakta-fakta, pengalaman yang dialami guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran secara daring. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam. Data pada penelitian ini adalah data deskripsi kesulitan belajar yang dialami siswa, deskripsi strategi guru mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa dan pandangan kepala sekolah sebagai evaluator terhadap strategi yang digunakan oleh guru pada pembelajaran secara daring. Sumber data dalam penelitian ini ada guru wali kelas V Sekolah Dasar YKPP Bajubang sebagai sumber data primer, siswa kelas V sebagai sumber data sekunder dan kepala sekolah Sekolah Dasar YKPP Bajubang sebagai sumber data sekunder. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa memang terdapat kesulitan belajar yang dialami siswa selama pembelajaran secara daring sesuai dengan yang diperkirakan pada teori kesulitan belajar pada skripsi ini,kemudian guru menggunakan strategi yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran secara daring, bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu: tidak mengerjakan atau mengumpulkan tugas, motivasi rendah dalam belajar, sulit memahami materi baru, sulit memngingat kembali materi, kesulitan menjawab soal-soal, kesulitan belajar mandiri, kesulitan bekerja sama,kurang percaya diri, tidak mau menyampaikan pendapat dalam belajar, kemudian strategi yang digunakan guru untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut yaitu: memberi batasan waktu pengumpulan tugas, membuka pembelajaran dengan zoom, memberi kata-kata dan pantun motivasi, membuka ruang tanya jawab melalui zoom, melakukan pembelajaran kontekstual, melakukan refleksi melalui google form, penjenjangan soal secara kontekstual, dokumentasi pembelajaran mandiri, mengapresiasi dan memotivasi,berdiskusi nelalui videocall WhatsApp, unjuk karya kerja mandiri, dan membuka ruang penyampaian pendapat melalui zoom. Hal ini disetujui oleh kepala sekolah SD YKPP Bajubang sebagai evaluator terhadap stategi yang digunakan oleh guru memang merupakan strategi yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Vera Oktiutami
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:05
Last Modified: 19 Jan 2021 03:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15978

Actions (login required)

View Item View Item