NILAI NILAI PENDIDIKAN DALAM KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI

HALIMATUSYADIYAH MS LUBIS, NUR (2021) NILAI NILAI PENDIDIKAN DALAM KUMPULAN CERPEN SENYUM KARYAMIN KARYA AHMAD TOHARI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR ISI..pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Lubis, Halimatusyadiyah Nur. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan dalam Kumpulan Cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas jambi, Pembimbing (1) Prof. H. Yundi Fitrah, M. Hum.,Ph. D. Pembimbing (2) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd. Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan dan Cerpen Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kumpulan cerpen Senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan apa saja yang terdapat dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan didaktis. Data dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan dalam kumpulan Cerpen senyum Karyamin Karya Ahmad Tohari. Data penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, paragraf, dan wacana yang berbentuk narasi atau dialog. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumplan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari. Teknik Pengumpulan data mengunakan teknik studi pustaka. Teknik uji validitas yang ditempuh untuk mencapai keabsahan data adalah meliputi validitas dan reabilitas melalui teknik intraratter dan interter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan dalam kumpulan cerpen Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari yang meliputi nilai pendidikan religius, berakhlak mulia, kerja keras, peduli sosial, kreatif, mandiri, rasa tanggung jawab, dan demokratis. Yang terdiri dua puluh satu penggambaran yang terdiri dari lima kutipan nilai religius, empat nilai berakhlak mulia, tiga kutipan nilai kerja keras, tiga kutipan nilai peduli sosial, satu kutipan nilai kreatif, dua kutipan nilai mandiri, dua kutipan nilai bertanggung jawab, dan tiga kutipan nilai demokratis. Simpulan dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan sebagai penanaman dan sebuah tolak ukur. Adapun penanaman nilai pendidikan dari cerpen Senyum Karyamin karya ahmad tohari ini harus diperhatikan kesenjangan pandangan hidup antara yang menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan. Saran dari penelitian ini selanjutnya agar dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk meningkatkan apresiasi terhadap karya sastra, khususnya cerpen.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Nur halimatusyadiyah. MS lubis
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:45
Last Modified: 19 Jan 2021 03:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15979

Actions (login required)

View Item View Item