Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020)

Rosmita, Rosmita and Suratno, Suratno and Nasori, Ahmad (2020) Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ROSMITA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MATAPELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X IPS KECAMATAN MUARA SABAK BARAT - Copy - Copy - Copy.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI DAN SARAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

Rosmita, 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020): Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Suratno, M.Pd, (II) Ahmad Nasori, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa waktu yang lalu dikarenkan adanya wabah COVID-19 yang melanda dunia diakhir 2019 hingga saat ini akhir 2020, pemerintah menerbitkan peraturan baru untuk siswa di liburkan beberapa waktu namun siswa tetap dianjurkan belajar dari rumah sehingga sudah beberapa bulan ini guru-guru harus lebih interaktif dan kreatif untuk menyampaikan pembelajaran agar para siswa tidak ketinggalan pembelajaran. Salah satunya di SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur pembelajaran ekonomi kelas X yang dimana proses belajar siswa tetap dilaksanakan melalui aplikasi whatsapp dan google form. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur dengan ukuran ketuntasan KKM yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan subjek penelitian yaitu guru mata pelajaran ekonomi kelas X IPS dan 3 orang siswi kelas X IPS. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika dilihat dari hasil belajar nilai rata-rata mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS pada pembelajaran daring semester genap 2019/2020 diperoleh nilai rata-rata kelas X IPS 1 sebesar 78,3, kelas X IPS 2 sebesar 78,9 dan kelas X IPS 3 sebesar 78 sementara jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas X IPS pada semester ganjil dengan perolehan nilai rata-rata kelas X IPS 1 sebesar 74,6, kelas X IPS 2 67,5 dan kelas X IPS 3 sebesar 72,8. Maka perolehan hasil belajar siswa pada semester genap ini mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat dikatakan bahwa jika dilihat perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada semester genap maka pembelajaran daring dapat dikatakan telah efektif. Namun jika dilihat dari berbagai masalah yang dihadapi maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran daring tersebut masih kurang efektif dan masih harus terus ditingkatkan dan diperhatikan lagi baik itu dari guru maupun dari siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ROSMITA
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:34
Last Modified: 19 Jan 2021 04:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15985

Actions (login required)

View Item View Item