PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKARYA KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI TAHUN 2020

Apriani, Meli and Khairinal, Khairinal and Refnida, Refnida (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKARYA KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MUARO JAMBI TAHUN 2020. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
SKRIPSI MELI APRIANI 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
cover..pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
mei.pdf

Download (450kB)

Abstract

ABSTRAK Apriani, Meli. 2020. Pengaruh Pembelajaran Prakarya Kewirausahaan dan Motivasi Instrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2020. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt. BA. M.Si (II) Dra. Refnida, M.E Kata kunci: Pembelajaran Prakarya Kewirausahaan, Motivasi Instrinsik, Minat Berwirausaha Minat berwirausaha merupakan keinginan yang muncul dari diri untuk menciptakan suatu usaha yang dipengaruhi dari dua faktor yaitu pembelajaran prajarya kewirausahaan dan motivasi intrinsik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di sekolah SMA negeri 2 Muaro Jambi, diketahui masih kurangnya minat berwirausaha yang dimiliki para siswa dikarenakan siswa masih takut akan resiko rugi serta kurangnya modal untuk memulai usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh : (1) Pembelajaran prakarya kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa, (2) Motivasi instrinsik terhadap minat berwirausaha siswa, dan (3) Pembelajaran prakarya kewirausahaan dan motivasi instrinsik terhadap minat berwirausaha siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode dekriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Muaro Jambi sebanyak 3 kelas dengan jumlah seluruh siswa 103 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan menggunakan rumus slovin yang didapat sebanyak 82 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran prakarya kewirausahaan terhadap minat berwirausaha diperoleh nilai 4,262 > 1,66412 (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi instrinsik terhadap minat berwirausaha diperoleh nilai 5,781 > 1,66412. (3) Terdapat pengaruh secara simultan pembelajaran prakarya kewirausahaan dan motivasi instrinsik terhadap minat berwirausaha berdasarkan analisis data diperoleh 28,786 > 3,11 dan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,422 yang berarti bahwa minat berwirausaha dipengaruhi oleh pembelajaran prakarya kewirausahaan dan motivasi instrinsik sebesar 42,2 % dan sisanya 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini pembelajaran prakarya kewirausahaan (X1), dan motivasi intrinsik (X2 ) berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Y) siswa kelas XI SMA Negeri 2 Muaro Jambi. Disarankan kepada siswa SMA Negeri 2 Muaro Jambi untuk dapat mengembangkan dan meningkatkan minat berwirausaha dengan cara mengikuti kompetensi berwirausaha agar dapat merasakan bagaimana berwirausaha dan diharapkan untuk memperoleh ilmu kewirausahaan yang lebih banyak.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Meli Apriani
Date Deposited: 19 Jan 2021 07:13
Last Modified: 19 Jan 2021 07:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15992

Actions (login required)

View Item View Item