Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan Karya Puthut Buchori

Sidiq, Muhamad (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan Karya Puthut Buchori. S1 thesis, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD SIDIQ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (210kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (281kB)

Abstract

Sidiq, Muhamad. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Naskah Drama Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan Karya Puthut Buchori. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. Maizar Karim, M.Hum. Pembimbing II Dr. Andiopenta Purba, M.Hum. Kata kunci : nilai-nilai pendidikan karakter, naskah drama Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terkandung dalam naskah drama Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan karya Puthut Buchori dan bagaimana cara pengarang menggambarkan nilai pendidikan karakter dilihat dari segi penokohannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa nilai-nilai pendidikan karakter dalam naskah drama Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan karya Puthut Buchori yang berupa kata, frasa, klausa, kalimat dan dialog dalam naskah drama yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan karya Puthut Buchori Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam naskah drama Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan karya Puthut Buchori terkandung nilai pendidikan karakter didalamnya. Ditemukan sepuluh nilai pendidikan karakter dalam naskah drama ini yang digambarkan pengarang dari segi penokohannya. Simpulan dari penelitian adalah naskah drama Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan karya Puthut Buchori mengandung nilai pendidikan karakter seperti yang dikemukakan kemendiknas (2010). Terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam naskah drama Anjing-Anjing Menyerbu Kuburan karya Puthut Buchori ini dari 18 nilai pendidikan karakter yang dikemukakan oleh kemendiknas. Sepuluh nilai pendidikan karakter tersbut yaitu; 1) religius, 2)jujur, 3) toleransi, 4) disiplin, 5) kerja keras, 6) demokrasi, 7) rasa ingin tahu, 8) cinta damai, 9) peduli sosial, dan 10) tanggung jawab. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh dalam naskah drama ini yang dilihat dari segi penokohannya adalah secara langsung (analtik) dan secara tidak langsung (dramatik).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: MUHAMAD SIDIQ
Date Deposited: 20 Jan 2021 02:27
Last Modified: 20 Jan 2021 02:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16005

Actions (login required)

View Item View Item