NITAMI, LIA (2021) Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis e- Modul Pada Materi Makna Kedaulatan dan Demokrasi Pancasila di Kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (524kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (428kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI LENGKAP LIA NITAMI PDF A1A316035.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAK Lia Nitami. 2020. “ Pengembangan Bahan Ajar PPKn Berbasis e- Modul pada Materi Makna Kedaulatan dan Demokrasi Pancasila di kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I)Drs. Irwan, M.Pd (II) Dona Sariani, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pengembangan Bahan Ajar PPKn berbasis e- modul, Materi Makna Kedaulatan dan Demokrasi Pancasila Kurangnya materi bahan ajar serta bahan ajar tidak sepenuhnya bisa disampaikan guru karena keterbatasan waktu belajar dan siswa lebih di arahkan belajar mandiri oleh karena itu pengembangan bahan ajar sangat perlu diadakan seperti pengembangan e- modul guna menunjang belajar mandiri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar PPKn Berbasis e- Modul pada Materi Makna Kedaulatan dan Demokrasi Pancasila di Kelas VIII SMPN 19 Kota Jambi dan (2) Mengetahui kualitas bahan ajar PPKn Berbasis e- Modul pada Materi Makna Kedaulatan dan Demokrasi Pancasila di Kelas VIII SMPN 19 Kota Jambi Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Jambi. Uji coba non subjek dilakukan pada kelas VIII H dengan jumlah 20 siswa sedangakan pada uji coba lapangan dilakukan pada kelas VIII G dengan jumlah 28 siswa. Kelayakan produk dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli Bahasa, dan ahli materi serta guru dan siswa. Uji kelayakan produk dilapangan dilakukan dengan menggunakan angket google Forms untuk mendapatkan data respon dari siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan bahan ajar PPKn dalam bentuk elektronik modul pada materi makna kedaulatan dan demokrasi Pancasila, untuk SMP kelas VIII. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi dengan hasil 78% (baik/menarik), ahli bahasa dengan hasil 95% (sangat baik/sangat menarik) dan ahli media dengan hasil 89% (sangat baik/menarik) serta penilaian guru dengan hasil 85%. (2) Bahan ajar hasil pengembangan untuk siswa kelas VIII layak digunakan dalam pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari analisis data respon siswa terhadap modul Berdasarkan penilaian angket pada uji coba lapangan, diperoleh jumlah skor uji coba produk mengenai tanggapan siswa terhadap modul adalah 2.261 dari skor tertinggi yaitu 2.800. Dengan demikian hasil penilaian ujicoba tanggapan siswa terhadap modul ini termasuk dalam kategori kategori 3,01 ≤ N ≤ 3,50 “Baik”. dengan rerata skor uji coba produk terhadap tanggapan siswa adalah 3,23. Berdasarkan penilaian responden, dapat disimpulkan tanggapan siswa tentang modul yang dibuat memberikan respon positif, sehingga modul ini dapat dikatakan menarik dan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | LIA NITAMI |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 02:32 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 02:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |