Adli, Syahrul (2020) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME KELAS XI SMA NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
BAB I revisi pra sidang .pdf Download (199kB) |
|
Text
BAB II revisi pra sidang.pdf Download (359kB) |
|
Text
BAB III revisi pra sidang.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB V revisi pra sidang.pdf Download (99kB) |
|
Text
ASBTRAK syahrul adli.pdf Download (89kB) |
Abstract
ASBTRAK Adli, Syahrul. 2020. Pengembangan E-LKPD Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Pada Pembelajaran Sejarah Materi Kolonialisme dan Imperialisme Kelas XI SMA Negeri 11 Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Pprof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi., (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, E-LKDP, Kvisoft Flipbook Maker, Kolonialisme dan Imperialisme Peserta didik saat ini termasuk kedalam golongan generasi Z. Generasi Z ini sebagai peserta didik lebih cepat memahami teknologi, mereka mampu menguasai media informasi digital baik yang memberikan manfaat untuk keperluan sekolah ataupun hiburan sehingga berdampak peserta didik ini cenderung mengesampingkan proses pembelajaran klasikal di kelas. Berdasarkan hasil pengamatan dan observasi di SMA 11 Negeri Muaro Jambi peserta didik sudah banyak menggunakan Handphone disekolah. Bahkan ketika proses pembelajaran berlangsung mereka masih aktif menggunakan Handphone baik digunakan untuk bermain game ataupun mencari informasi terkait materi yang sedang dibahas di kelas, mereka kurang tertarik untuk membuka buku paket yang mereka bawa. Sedangkan pendidik hanya menggunakan buku paket selama proses pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melihat perlu adanya pengembangan bahan ajar interaktif yang sesuai untuk peserta didik (generasi z) saat ini salah satunya adalah E-LKPD. Model pengembangan yang digunakan adalah model Four D (Define, Design, Development, dan Dessiminate). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa validasi desain mendapatkan presentase 88,14 % dengan rata-rata 4,4 dan validasi materi mendapatkan presentase 90% rata-rata 4,5. Dari penilaian perorangan (guru) mendapatkan presentase 91,6 % dengan rata-rata 4,6. Sedangkan skor yang didapatkan dari lembar respon peserta didik adalah untuk kelompok kecil mendapatkan presentase 76,5 % dengan rata-rata 3,8 dan kelompok besar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Syahrul Adli |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 03:51 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 03:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16010 |
Actions (login required)
View Item |