Putri, Winda Diana (2021) PENGGUNAAN UNSUR KOHESI DAN KOHERENSI DALAM WACANA IKLAN KAMPANYE PEMILU CAPRES-CAWAPRES 2019 DI INDONESIA. S1 thesis, University Of Jambi.
![]() |
Text
Winda Diana Putri - I1B114010.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
cover pisah.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (198kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Winda Diana. 2020. Penggunaan Unsur Kohesi Dan Koherensi Dalam Wacana Iklan Kampanye Pemilu Capres-Cawapres 2019 Di Indonesia. Skripsi, Program Studi Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Ade Kusmana, M.Hum, (II) Anggi Triandana, M.A. Kata kunci: kohesi, koherensi, wacana iklan, iklan kampanye, capres – cawapres. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud penanda kohesi dan wujud penanda koherensi dalam iklan kampanye pemilu capres – cawapres di Indonesia pada tahun 2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah dialog dalam video yang telah ditranskripsikan dari iklan kampanye pemilu capres – cawapres di Indonesia pada tahun 2019. Data diperoleh dengan metode simak dan teknik simak bebas libat cakap. Uji keabsahan yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan kampanye pemilu capres – cawapres di Indonesia pada tahun 2019 terdapat penanda kohesi dan koherensi yang bervariasi pada wacana iklan kampanye pemilu. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pada iklan Jokowi - Ma'ruf Amin Versi Komisi Pemilihan Umum (KPU), ditemukan referensi (7), konjungsi (4), pelesapan (6), sinonim (2), antonim (1), kolokasi (1), repetisi (3), hubungan pengulangan (1) dan hubungan sarana – tujuan (3). Iklan Prabowo - Sandi Versi Komisi Pemilihan Umum (KPU), ditemukan referensi (4), pelesapan (3), sinonim (1 ), kolokasi (1, hubungan sarana – tujuan (1) dan hubungan pengulangan (1). Iklan Jokowi – Ma’aruf Amin Versi Selawat, ditemukan referensi (2), elipsis (2), sinonim (2), meronim (1), kolokasi (3), repetisi (1) dan hubungan pengulangan (1 ). Iklan Prabowo - Sandi Versi Teknologi Masa Depan, ditemukan jenis penanda kohesi dan koherensi yang meliputi pelesapan (1), sinonim (1), antonim (1), kolokasi (3 penanda), repetisi (1), hubungan pengulangan (2) dan hubungan alasan – sebab (1). Iklan Jokowi – Ma’aruf Amin Versi Blankpink: Ojo Piye Piye, ditemukan sinonim (2), antonim (1), repetisi (1) dan hubungan pengulangan (2). Iklan Probowo – Sandi Versi Pedagang Sayur, ditemukan konjungsi (1), substitusi (1), sinonim (1) dan antonim (1).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Sasra Indonesia |
Depositing User: | WINDA DIANA PUTRI |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 06:36 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16086 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |