ANNA ISMAWATI, ANNA (2020) IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK GURU BK YANG DISENANGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) | Request a copy |
|
Text
COVER.pdf Download (35kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (533kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (384kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (158kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Identifikasi Karakteristik Guru BK Yang Disenangi Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi Nama : Anna Ismawati NIM : RRA1E116024 Dosen Pembimbing : 1. Drs. Rasimin M,Pd 2. Affan Yusra, S.Pd., M.Pd Karakteristik Guru BK merupakan suatu ciri khas yang membedakan antara guru BK yang satu dengan yang lainnya. Fenomena yang masih terjadi pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi masih terdapat guru BK yang belum tepat dalam menampilkan bahasa tubuh, sikap, dan memilih kata-kata dengan siswa, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan siswa terhadap guru BK. Ketidaknyamanan siswa untuk konseling dengan guru BK yang ditandai dengan siswa tidak mau datang ke ruang BK. Siswa merasa guru BK tidak sesuai dengan karakteristik yang siswa inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap karakteristik guru BK yang disenangi siswa. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu; 1) Penelitian ini hanya mengungkap karakteristik guru BK berdasarkan Empati, Kesungguhan (genuine), dan Penghargaan Positif. 2) Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada SMP N 16 Kota Jambi dan SMP N 22 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode survey jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 16 Kota Jambi berjumlah 127 siswa dan siswa kelas VIII SMP N 22 Kota Jambi berjumlah 108, sehingga total keseluruhan sampel sebanyak 235 responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 35 item. Teknik analisis data atau pengolah data dalam penelitian ini menggunakan formula C. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukkan hasil bahwa secara umum penerimaan karakteristik guru BK yang disenangi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi berada pada penerimaan senang dengan persentase sebesar 68,69%. Kemudian hasil penelitian ini dijabarkan lagi berdasarkan indikator penelitian yang meliputi; 1) Karakteristik Empati dengan persentase 68,97% pada penerimaan “senang”, 2) Karakteristik Kesungguhan (genuine) dengan persentase 68,62% pada penerimaan “senang”, 3) Karakteristik Penghargaan Positif dengan persentase 68,46% pada penerimaan “senang”. Implikasi dari penelitian ini pada kegiatan BK yaitu dapat menjadi gambaran mengenai karakteristik seperti apa yang disenangi siswa, dengan begitu guru BK dapat mngembangkan terus menerus karakteristiknya melalui pendidikan dan pelatihan, sehingga guru BK mampu memahami dirinya sendiri, mampu membantu menyelesaikan masalah siswa sesuai dengan harkat martabat manusia (HMM) yang mengedepankan empati, kesungguhan, dan penghargaan positif. Kata Kunci : Karakteristik Guru BK, Disenangi
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Dosen Pembimbing : 1. Drs. Rasimin M,Pd 2. Affan Yusra, S.Pd., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik Guru BK, Disenangi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | ANNA ISMAWATI |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 03:11 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 03:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16087 |
Actions (login required)
View Item |