BAHRI, AHMAD (2020) Bimbingan Kelompok Rasional Emotif Terapi dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP N 9 Sarolangun. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Ahmad Bahri Skripsi (a1e115052).pdf Download (598kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (92kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (70kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (153kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
Abstract
ABSTRAK Bimbingan kelompok rasional emotif terapi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas delapan SMP N 9 Sarolangun ini dilatarbelakangi oleh kasus-kasus yang terjadi pada kebanyakan siswa dalam proses menjalin komunikasi antar teman sebaya maupun terhadap guru di sekolah. Siswa banyak yang tertutup dan tidak dapat bergaul dengan baik di sekolah sehingga dalam proses belajar mengajarpun mereka cenderung kurang aktif. Sikap tertutup pada orang lain merupakan salah satu kesalahan berfikir seseorang dalam proses kehidupannya, karena manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu-sama lain. Salah satu upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan komunikasi siswa ialah dengan melaksanakan layanan bimbingan kelompok. Namun, bimbingan kelompok yang pernah dilakukan oleh peneliti belum berhasil meningkatkan komunikasi siswa. Maka dari itu, peneliti melakukan layanan bimbingan kelompok dalam penelitian ini dengan memanfaatkan pendekatan rasional emotif terapi. Rasional emotif terapi merupakan suatu pendekatan yang diperuntukkan dalam merasionalkan fikiran seseorang yang tidak rasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa serta mengungkap efektifitas bimbingan kelompok rasional emotif terapi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interepersonal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan layanan, proses pelaksanaannya dilakukan sebanyak tiga siklus. Subjek penelitian ialah siswa kelas VIII B. dan menggunakan intrumentasi observasi sebagai acuan tolak ukur keberhasilan layanan. Observasi yang dilakukan selama proses penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal siswa meningkat dari 45,2% menjadi 93,3%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok rasional emotif terapi efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Temuan baru dalam penelitian ini ialah penerapan bimbingan kelompok.RET dengan teknik modelling membuat siswa lebih memahami perkataan peneliti. Kata kunci: Bimbingan kelompok RET (rasional emotif terapi), komunikasi interpersonal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | AHMAD BAHRI |
Date Deposited: | 21 Jan 2021 03:00 |
Last Modified: | 21 Jan 2021 03:00 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16091 |
Actions (login required)
View Item |