PENERIMAAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PENYANDANG TUNA DAKSA DI SDN 131/IV KOTA JAMBI

Mailanda, Indah Radha (2021) PENERIMAAN DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PENYANDANG TUNA DAKSA DI SDN 131/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI INDAH RM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
PENGESAHAN LULUS UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
INDAH BAB 1 .pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16126

Abstract

Anak berkebutuhan khusus dianggap sebagai sosok yang tidak berdaya dan perlu dikasihani. Hal inilah yang menjadikan anak berkebutuhan khusus sering dikucilkan dari lingkungan sekita Betapa pentingnya dan berpengaruh penerimaan diri bagi anak berkebutuhan khusus penyandang tuna daksa untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menyadari bahwa setiap manusia diciptakan sama yaitu memiliki kelebihan dan kekurangan. Penelitian ini bertujuan untuk Mengungkapkan penerimaan diri siswa penyandang tuna daksa di sekolah inklusi. Penelitian ini dilakukan di SDN 131/IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini menggunakan kulitatif pendekatan studi kasus, partisipan dalam penelitian ini yaitu CMA, MHM, dan MFR dan yang menjadi informan yaitu RU,NY, SB, AA, NF, HN, SW, SL,DAS, MGA,dan PSA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah a) Teknik pengumpulan data dengan observasi, b) Teknik pengumpulan data dengan wawancara, c) Teknik pengumpulan data dengan dokumen, d) trianggulasi. Teknik Analisa data penelitian ini menggunakan model Analisa data miles dan Huberman yaitu 1) tahap reduksi data 2) tahap penyajian data dan 3) tahap verifikasi data. Dari penelitian ini terungkap bahwa penerimaan diri anak berkebutuhan khusus penyandang tuna daksa di sekolah inklusi yaitu positif karena siswa-siswi di sana menerima kehadiran ABK dan mau bersosialisasi dengan mereka. Peneliti menyimpulkan bahwa sekolah berperan penuh dalam memperhatikan siswa berkebutuhan khusus setiap tahunnya. Hasil penelitian ini memberikan saran bagi guru pendamping atau wali kelas untuk tetap memperhatikan dan memberikan semangat serta dukungan untuk siswa berkebutuhan khusus agar mereka semangat dalam bersosialisasi dan belajar. Kata kunci : Anak berkebutuhan khusus, Tuna Daksa, Penerimaan Diri

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Indah Radha Mailanda
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:12
Last Modified: 22 Jan 2021 02:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16126

Actions (login required)

View Item View Item