UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO.198/I PASAR BARU

Octariani, Alsy UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO.198/I PASAR BARU. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NO.198/I PASAR BARU.

[img]
Preview
Text
A1D113082-ARTIKEL.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Octariani,Alsy.2017.Upaya Peningkatan Kemampuan Berhitung Dengan Menggunakan Metode Jarimatika Perkalian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri No.198/I Pasar Baru. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd (II) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Metode Jarimatika, Perkalian. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapat kesenjangan antara standar kompetensi perkalian dengan kompetensi yang dimiliki siswa. Siswa kelas IV masih kesulitan melakukan perkalian, padahal kompetensi dasar tentang operasi perkalian dicapai pada kelas 2 semester 2. Permasalahan tersebut mengakibatkan siswa kesulitan setiap mengikuti ujian pada kompetensi perkalian dan siswa juga akan kesulitan dalam mengerti kompetensi lainnya yang membutuhkan perkalian. Pemecahan permasalahan tersebut dapat digunakan sebuah metode yaitu metode jarimatika. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui penggunaaan metode jarimatika perkalian dalam meningkatan kemampuan berhitung pada siswa kelas IV SD Negeri No.198/1 Pasar Baru pada pencapaian kompetensi perkalian. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan soal tes lisan yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan metode jarimatika. Berdasarkan hasil penelitian 1) Penelitian dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan menjadi 3 siklus, 2) Keberhasilan Tindakan Kelas pada Siklus I pada pertemuan 1 sebesar 43,96% dan pertemuan kedua sebesar 49,56% mengalami peningkatan sebanyak 5,6% dengan hasil tes lisan dengan ketuntasan klasikal sebesar 17,24%. Siklus II pada pertemuan 1 sebesar 60,77% dan pertemuan kedua sebesar 63.36% mengalami peningkatan sebanyak 2.59% dengan hasil tes lisan dengan ketuntasan klasikal siklus II sebesar 68,96 meningkat 51.72% dari siklus I yang hanya 17,24%. Siklus III pada pertemuan 1 sebesar 81,89% dan pertemuan kedua sebesar 85.34% mengalami peningkatan sebanyak 3.45% dengan hasil tes lisan dengan ketuntasan klasikal siklus II sebesar 86,20% meningkat 17,24% dari siklus II yang hanya 68,96 %. Adanya peningkatan persentase kemampuan berhitung siswa hingga mencapai kriteria keberhasilan 85% pada siklus III sebesar 86,20%. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berhitung siswa kelas IV SD Negeri No.198/I Pasar Baru adanya peningkatan persentase kemampuan berhitung siswa hingga mencapai kriteria keberhasilan 85% pada siklus III sebesar 86,20% sehingga proses peningkatan kemampuan berhitung siswa dengan menggunakan metode jarimatika dinyatakan telah berhasil.

Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: ALSY OCTARIANI
Date Deposited: 31 Jul 2017 06:31
Last Modified: 31 Jul 2017 06:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item