EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DESAIN ARSITEKTUR RUMAH TUO KABUPATEN MERANGIN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Novitasari, Heni and Destrinelli, Destrinelli and Hayati, Suci (2020) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DESAIN ARSITEKTUR RUMAH TUO KABUPATEN MERANGIN SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN HENI NOVITASARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Novitasari, Heni. 2021. Eksplorasi Etnomatematika Desain Arsitektur Rumah Tuo Kabupaten Merangin Sebagai Alternatif Sumber Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd., (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Eksplorasi, Etnomatematika, Rumah Adat, Sumber Belajar Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Etnomatematika pada desain arsitektur bangunan Rumah Tuo Kabupaten Merangin sebagai alternatif sumber belajar matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan Rumah Tuo Kabupaten Merangin. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Alat bantu yang digunakan berupa pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi melalui pengecekan triangulasi teknik dan triangulasi sumber, data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disetiap bangunan pasti terdapat unsure serta konsep matematika. Pada bangunan Rumah Tuo Kabupaten Merangin terdapat konsep matematika yang dapat dilihat dari bagian-bagian rumah baik dari atap, ruangan-ruangan rumah, serta bagian kolong rumah. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara yang dilakukan mengenai etnomatematika pada bangunan Rumah Tuo bersama salah satu guru yang memiliki keahlian dibidang matematika. Dari hasil penelitian disimpulkan: 1) Terdapat konsep matematika yang ada pada desain arsitektur bangunan Rumah Tuo. Konsep matematika dapat ditemukan di bagian-bagian rumah baik bagian atas (atap rumah), tengah (ruangan rumah), maupun bawah (halaman rumah, kolong rumah, tangga rumah). 2) Bagian Rumah Tuo Kabupaten Merangin selain terdapat unsur dan konsep matematika juga memiliki makna filosofis yang mendalam terkait dengan kehidupan masyarakat Rantau Panjang baik hubungan dengan manusia maupun sang pencipta. 3) Materi dan Konsep Matematika yang ditemukan pada desain arsitektur Rumah Tuo yang juga termasuk dalam aktivitas mengukur adalah: a) geometri (Garis, Segitiga, Belah ketupat, Trapesium, Persegi, Persegi Panjang, Limas, Balok), b) Aritmatika (bilangan ganjil dan bilangan genap), dan c) Pengukuran (pengukuran ssudut dan pengukuran panjang). 4) Sumber Belajar matematika yang ada pada bagian Rumah Tuo Kabupaten Merangin dapat disesuaikan dengan Kompetensi Dasar Matematika kelas tinggi di Sekolah Dasar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Heni Novitasari
Date Deposited: 25 Jan 2021 07:02
Last Modified: 25 Jan 2021 07:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16155

Actions (login required)

View Item View Item