Parhati, Laela Nadia and Asrial, Asrial and Alirmansyah, Alirmansyah (2020) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL NGUBAT PADI MENGGUNAKAN APLIKASI KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA KELAS V SEKOLAH DASAR TEMA 8. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
cover.pdf Download (100kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (110kB) |
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (255kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (492kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (243kB) |
|
Text
BAB II .pdf Download (278kB) |
|
Text
BAB III .pdf Download (662kB) |
|
Text
BAB IV .pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V .pdf Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
Abstract
Kearifan lokal merupakan perilaku positif manusia yang berhubungan dengan keadaan alam dan lingkungan hidupnya. Pembelajaran pada kurikulum 2013 dituntut untuk mengintegrasikan kearifan lokal kedalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar berbasis kearifan lokal yang dapat mendukung pembelajaran dengan mengaitkan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis kearifan lokal ngubat padi menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker pada kelas V Sekolah Dasar tema 8 subtema 1 pembelajaran 3. Penelitian ini juga bertujuan untuk melihat kelayakan modul elektronik yang dikembangkan, yang dapat dilihat dari kevalidan dan kepraktisan modul elektronik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55/I Sridadi, Muara Bulian, Batanghari pada bulan November 2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan analisis dilakukan dengan cara menganalisis kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik, analisis bahan ajar, dan analisis kurikulum. Setelah itu merancang pembuatan modul elektronik dari segi isi maupun fisik modul elektronik. Kemudian, modul dikembangkan dengan cara memvalidasi kelayakan modul elektronik berdasarkan angket validasi materi, validasi media, validasi bahasa, dan validasi praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik yang dikembangkan dikategorikan sangat valid berdasarkan hasil pemerolehan skor dari validator ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Skor pemerolehan hasil validasi materi diperoleh nilai angka rata-rata 4,6 dari validator I dan 4,7 dari validator II. Pemerolehan angka rata-rata hasil validasi media yaitu masing-masing 4,6 dari validator I dan validator II. Selanjutnya, hasil pemerolehan angka rata-rata validasi bahasa yaitu masing-masing 4,6 dari validator I dan validator II. Kemudian untuk hasil pemerolehan angka rata-rata validasi praktisi diperoleh angka 4,8 dari validator I, 4,9 dari validator II, dan 4,8 dari validator III. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh tersebut, maka modul elektronik dapat dikategorikan sangat valid dan sangat praktis. Oleh karena itu, modul elektronik berbasis kearifan lokal ngubat padi menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | LAELA NADIA PARHATI |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 06:52 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16168 |
Actions (login required)
View Item |