PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MASA KONTEMPORER : PONDOK PESANTREN AL-JAUHAREN DI KOTA JAMBI TAHUN 2003-2016

SUDIONO, HELIK (2017) PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MASA KONTEMPORER : PONDOK PESANTREN AL-JAUHAREN DI KOTA JAMBI TAHUN 2003-2016. S1 thesis, FAKULTAS ILMU BUDAYA.

[img]
Preview
Text
I1A113022-ARTIKEL.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MASA KONTEMPORER (2).pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Sudiono Helik, 2017. Perkembangan Pendidikan Islam Masa Kontemporer:Pondok Pesantren Al- Jauharein Di Kota Jambi Tahun 2003-2016. Skripsi, Program Studi Ilmu Sejarah, FIB Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Siti Syuhada, S.Pd., ME. (2) Benny Agusti Putra, S.Hum., MA. Kata Kunci: Pendidikan, Islam, masa kontemporer Pondok Pesantren Al-Jauharen di Kota Jambi tahun 2003-2016. Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan penulis terhadap kajian pendidikan Islam yang begitu kental di daerah Jambi kususnya di wilayah Jambi Sebrang khususnya di desa Tanjung Johor. Penelitian ini bertujuan untuk membahas awal perkembangan Pondok Pesantren Al-Jauharen dan Perkembangan pendidikannya pada masa kontemporer yaitu dari tahun 2003 hingga 2016. Metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Sedangkan sumber yang digunakan adalah sumber primer dan skunder baik yang tertulis maupun lisan. Adapun hasil penelitian ini adalah menunjukan dimana berdirinya pondok pesantren Al-Jauharen tidak lepas dari terbentuknya perkumpulan Tsamaratul Insan pada tahun 1914, yang mempelopori berdirinya empat lembaga pendidikan Islam pertama di Jambi. Salah satunya Pondok pesantren Al-Jauharen yang awalnya merupakan lembaga pendidikan Islam yang berbentuk madrasah. Dan menggunakan sistem pendidikan Islam yang masih tradisional. Dalam perkembangannya pernah mengalami kefakuman pada tahun 1989 dan kembali bangkit pada tahun 2003. Perkembangan pondok pesantren Al-Jauharen sejak kebangkitannya tahun 2003 dari kefakuman menunjukan adanya modernisasi pondok. Dari segi kurikulum yang sebelumnya hanya salafiyah tetapi setelah terpilihnya KH. Sirojuddin H.M sebagai pimpinan pondok maka kurikulumnya memadukan sistem salafiyah dan kholafiyah. Selain itu dengan semakin meningkatnya jumlah santri maka pembangunan infrastruktur pondok semakin meningkat seperti asrama, masjid, ruang belajar dan fasilitas lain. Faktor penunjang perkembangan pondok salah satunya adalah berubahnya status pondok menjadi yayasan pada tahun 2007 berdasarkan akta notaris No. 26/18-06-2007.

Type: Thesis (S1)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: HELIK SUDIONO
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:58
Last Modified: 01 Aug 2017 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1618

Actions (login required)

View Item View Item