Hutapea, Elida (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN KELAS VIII SMP N 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Text
COVER.pdf Download (203kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (313kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (533kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (366kB) |
Abstract
ABSTRAK Hutapea, Elida. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII SMP N 16 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Nizlel Huda, M.Kes., (II) Dr. Mujahidawati, M.Si. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Materi Garis Singgung Lingkaran Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika dan menganalisis penyebab pemahaman konsep matematis siswa yang rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP 16 Kota Jambi. Dari 9 siswa yang diambil sebagai subjek penelitian ada 3 siswa yang dipilih berdasarkan kebutuhan penulis dan berdasarkan banyaknya informasi yang diperoleh dari hasil jawaban subjek tersebut. penelitian ini mengambil materi garis singgung lingkaran pada kelas viii. instumen penelitian ini terdiri dari lembar tes pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa subjek S1, S2, dan S3 belum memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematis. Hanya beberapa indikator- indikator yang dapat dipenuhi oleh subjek berdasarkan hasil pengerjaan tes soal pemahaman konsep matematis yang kemudian jawaban tersebut diperkuat dengan hasil think aloud dan wawancara. Penyebab subjek tidak memenuhi beberapa indikator karena subjek hanya fokus pada pengetahuannya secara prosedural bukan konseptual. Dari hasil think aloud subjek hanya mengerjakan soal yang diberikan peneliti tanpa memikirkan ide/cara untuk menjawab soal. Dan subjek ragu dengan pemahamannya sendiri berdasarkan hasil wawancara
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ELIDA |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 02:11 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 02:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16196 |
Actions (login required)
View Item |