Pratama, Anggi and Chan, Faizal and Budiono, Hendra (2021) Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Penilaian Pengetahuan Berbasis Daring Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
pengesahan (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pemanfataan Aplikasi Quizizz yang dilakukan oleh guru untuk melaksanakan penilaian pengetahuan berbasis daring pada pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy-Syifa Kota Jambi pada semester ganjil Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung, observasi dengan menggunakan media Whatsapp, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru mampu melakukan kegiatan penilaian pengetahuan siswa pada pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz. Adapun bentuk pemanfaatan yang dilakukan oleh guru pada proses penilaian pengetahuan dengan aplikasi Quizizz yaitu: 1) Fase pemahaman, yang berkaitan dengan kelebihan Quizizz saat digunakan dalam penilaian pengetahuan dan proses download Quizizz melalui gawai, 2). Tahap perencanaan, yakni guru terlebih dahulu membuat akun, membuat soal ujian, membuat kisi-kisi soal, membuat jadwal ujian kemudian membagikan jadwal serta kode Quizizz, 3). Tahap pelaksanaan, yakni guru memulai kegiatan dengan membuka terlebih dahulu dengan sapaan, doa, dan motivasi. Lalu siswa mulai mengerjakan ujian sementara itu guru mengamati siswa., 4). Melaksanakan evaluasi terhadap pemanfaatan Quizizz dengan menyimpulkan manfaaat yang diperoleh dalam pemanfaatan Quizizz, menganalisis masalah yang ada serta menyelesaikannya kemudian membuat rencana baru untuk ujian berikutnya tentunya dengan menggunakan Quizizz. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar dapat memanfaatkan aplikasi Quizizz sebagai media penilaian pengetahuan pada pembelajaran jarak jauh sehingga proses penilaian dapat terlaksana. Dan selalu belajar untuk memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi Covid-19.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ANGGI PRATAMA |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 04:02 |
Last Modified: | 02 Feb 2021 04:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16197 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |