PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 MUARO JAMBI

PUTRA IRAWAN, DEDI PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 MUARO JAMBI. Pendidikan EKONOMI. ISSN 1993

[img]
Preview
Text
RRA1A110058-ARTIKEL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dedi Putra Irawan, Dedi. 2017. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kesulitan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing I Prof. Dr. Drs. H. Rahmat Murbojono, Pembimbing II Dra. Refnida, M.E Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Kesulitan Belajar, dan Hasil Belajar Hasil belajar merupakan suatu hal yang penting dalam pendidikan dan dapat dipandang sebagai salah satu ukuran keberhasilan siswa dalam mengikuti suatu proses belajar. Hasil belajar juga sering dijadikan pedoman atau bahan pertimbangan dalam menentukan pendidikan lanjutan dan profesi yang akan dipilihnya. Hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi belum sesuai dengan harapan, salah satu penyebabnya yaitu lingkungan keluarga siswa dalam belajar misalnya kurangnya perhatian dan motivasi dari keluarga siswa dalam belajar. Selain itu, kesulitan belajar menjadi salah satu masalah dalam salah satu masalah dalam proses belajar dan pemahaman pada mata pelajaran yang diajarkan di sekolah khususnya mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, sampel yang akan dijadikan responden dalam penelitian ini berjumlah 60 orang dari 151 orang. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan teknik analisis korelasi dengan bantuan aplikasi statistik SPSS release 18.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan keluarga dengan hasil belajar diketahui Rsquare 0,267 sementara rtabel 0,254, sehingga, dengan dengan besaran persamaan dalam regresi sebesar 26,7%, variabel kesulitan belajar terhadap hasil belajar dilihat dari analisis Rsquare 0,265 sementara rtabel 0,254dalam persamaan regresi sebesar 26,5%, sedangkan pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar terhadap hasil belajar ekonomi diketahui Rsquare 0,446 sementara rtabel 0,254 sehingga, dalam persamaan regresi sebesar 44,6%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga dan kesulitan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: DEDI PUTRA IRAWAN
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:58
Last Modified: 01 Aug 2017 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item