PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN CORELDRAW PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTS.

Irawan, Ardy and Winarni, Sri and Sofnidar, Sofnidar (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN CORELDRAW PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP/MTS. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
HALAMAN COVER ARDY IRAWAN.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Halaman persetujuan ARDY IRAWAN.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB I ARDY IRAWAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II ARDY IRAWAN.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB III ARDY IRAWAN.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV ARDY IRAWAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V ARDY IRAWAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN ARDY IRAWAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN ARDY IRAWAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text
ARTIKEL ILMIAH ARDY IRAWAN A1C214018.pdf

Download (563kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang diadaptasi dari Branch (2009) meliputi tahap analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Media pembelajaran disusun sesuai langkah pembelajaran problem based learning (PBL) yang terdiri dari orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) media media pembelajaran komik matematika berbasis problem based learning (PBL) dengan menggunakan coreldraw pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs ini dapat digunakan dalam pembelajaran, 2) Kualitas media pembelajaran ini yang didasarkan pada valid, praktis dan efektif termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil validitas yang didapatkan yaitu sangat valid dengan total skor validitas materi 89 dan validitas media 82 sehingga pernyataan-pernyataan yang ada pada angket dapat mengukur ketepatan materi dan media yang ada pada media pembelajaran komik matematika berbasis problem based learning (PBL). Hasil kepraktisan yang didapatkan yaitu sangat praktis dengan persentase uji coba perorangan (guru) 91,4% dan uji kelompok kecil (siswa) 93,8%. Hasil analisis keefektifan yang didapatkan yaitu tes hasil belajar dengan persentase 86,7%, analsis angket persepsi siswa dengan persentase 91,5%, dan analisis observasi aktivitas siswa dengan persentase 97,4%. Kata Kunci : Media pembelajaran, komik matematika, problem based learning (PBL), Himpunan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ARDY IRAWAN
Date Deposited: 02 Feb 2021 07:30
Last Modified: 02 Feb 2021 07:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16213

Actions (login required)

View Item View Item