MUTIARA, DEVA (2021) PENGARUH METODE BERCERITA MENGUNAKAN MEDIA FINGER PUPPETS TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF AUDIOTORY ANAK DI TK ISLAM QONITA MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) |
Abstract
ABSTRAK DEVA MUTIARA. 2020. “Pengaruh Metode Bercerita Mengunakan Media Finger Puppets Terhadap Perkembangan Kognitif Audiotory Anak Di TK Islam Qonita Muaro Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Kata Kunci: Media Finger Puppets, Perkembangan Kognitif Audiotory Berdasarkan hasil survei lapangan yang saya lakukan di TK kelompok B Kanak Islam Qonita Muaro Jambi pada tanggal 15 Oktober 2019, memperlihatkan bahwa dari 15 anak terdapat 9 anak kemampuan mendengar (Audiotory) anak usia dini terlihat belum optimal yaitu AD, AN, AJ, AP, BH, BN, CA, CS, DA, antara lain, 1) anak belum sepenuhnya mendengarkan atau menirukan bunyi yang didengar sehari-hari, 2) anak belum sepenuhnya mendengarkan nyanyian atau syair dengan baik, 3) anak belum sepenuhnya mengikuti perintah lisan sederhana, 4) anak belum sepenuhnya mendengarkan cerita dengan baik, 5) anak belum sepenuhnya mengungkapkan kembali cerita sederhana, 6) anak belum sepenuhnya menebak lagu atau apresiasi musik, 7) anak belum sepenuhnya mengikuti ritmik dengan bertepuk. Sedangkan anak yang memiliki kemampuan audiotory yang baik yaitu AK, AU, JD, SE, PR, TY. Penelitian ini dilaksanakan kelompok B usia 4-6 tahun di TK Islam Qonita Muaro Jambi tahun pelajaran 2019-2020. Penelitian dengan pendekatan pre-experimental design yang dipilih adalah satu kelompok pretes-posttes (One- Group Pretest- Posttest Design). Dalam desain ini para subjek sebelum diberi perlakuan diberi pretes. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini yaitu anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai L hitung untuk data tes awal dan tes akhir secara berurutan 0.1752 < L Tab 0,2287; 0.1264 < L Tab 0,2287. Maka berdasarkan analisis data ini dapat disimpulkan data tes awal dan tes akhir berdistribusi normal. Pada taraf signifikansi α = 0,05 maka diperoleh F tabel = 3,74. Maka Fhitung (0,51) < Ftabel (3,74) maka varian homogen. harga antar t hitung dengan nilai presentil pada tabel distribusi – t, untuk taraf nyata α = 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = (n – 1) = 14 diperoleh t hitung (3,73) > t tabel (1,7613). Ini berarti hipotesis Ha yang diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh media bercerita menggunakan media finger puppets terhadap perkembangan kognitif audiotory anak di TK Islam Qonita Muaro Jambi dengan t Hitung > t Tabel Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media bercerita menggunakan media finger puppets terhadap perkembangan kognitif audiotory anak di TK Islam Qonita Muaro Jambi. .
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Dosen Pembimbing I Dr. Drs. Haryanto, M. Kes Dosen Pembimbing II Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd. I |
Uncontrolled Keywords: | Media Finger Puppets, Perkembangan Kognitif Audiotory |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | DEVA MUTIARA |
Date Deposited: | 02 Feb 2021 06:51 |
Last Modified: | 02 Feb 2021 06:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |