Anggraini, Dwi (2021) PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (22kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan halaman pengesahan (pdf.io).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (199kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis atas peran guru dalam melaksanaan pembelajaran menulis puisi pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar IT Diniyyah Al-Azhar Jambi, tahun ajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian Studi Kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis interaktif milles & Huberman dengan cara Reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru (1) Sebagai Informator yaitu menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga tercapainya tujuan pembelajaran. (2) Sebagai motivator yaitu meningkatkan gairah belajar siswa dengan mengajak siswa bernyanyi dan memberikan reward kepada siswa yang aktif dan kreatif. (3) Sebagai Organisator atau pengelola yaitu mengelola kegiatan pembelajaran dari awal hingga akhir pembelajaran, menciptakan suasana yang nyaman dengan menggunakan beberapa teknik dan metode dalam melaksanaan pembelajaran menulis puisi diantaranya Metode Ceramah, Metode Diskusi, Metode Sugesti-Imajinasi. (4) Sebagai Fasilitator yaitu memberikan kesempatan siswa untuk memanfaatkan fasilitas seperti papan mading untuk menempelkan karya puisi siswa serta memberikan kesempatan siswa untuk berdiskusi dan berkonsultasi mengenai materi. (5) Guru sebagai Evaluator yaitu mengevaluasi hasil karya siswa sesuai dengan kriteria penulisan menulis puisi serta mengevaluasi nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan selama proses belajar. Dari hasil penelitian ini disarankan peran guru dalam pembelajaran menulis puisi yang telah dilaksanakan oleh guru dengan baik agar terus dijalankan dalam proses pembelajaran dan untuk kedepannya. Kemampuan yang baik dalam menulis puisi yang dimiliki oleh peserta didik untuk terus dilatih sehingga kemampuan tersebut akan semakin baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DWI ANGGRAINI |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 06:50 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 06:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |