Destria, Sisri and Kamid, Kamid and Winarni, Sri (2020) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI SMP (Studi Kasus SMP Negeri Kota Jambi). S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
HALAMAN SAMPUL DAN JUDUL.pdf Download (109kB) |
|
Text
Halaman pengesahan persetujuan.pdf Download (954kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
Abstract
ABSTRAK Destria, Sisri. 2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Tipe Kepribadian Ekstrovert dalam Menyelesaikan Soal Matematika di SMP (Studi Kasus SMP Negeri Kota Jambi): Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Kamid, M.Si. (II) Sri Winarni, S.Pd, MPd. Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, kepribadian ekstrovert, relasi dan fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa ekstrovert dalam menyelesaikan soal matematika di SMP khususnya pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII-C SMP Negeri 22 Kota Jambi semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 4 siswa ekstrovert yang dipilih dengan memberikan tes MBTI serta saran dan pertimbangan guru dan kecocokan dari hasil tes pengumpulan data. Instrumen penelitian data dalam penelitian ini yaitu lembar soal tes komunikasi matematis, serta pedoman wawancara. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan subjek tipe kepribadian ekstrovert belum memenuhi ke enam indikator kemampuan komunikasi matematis pada tiga soal relasi dan fungsi yang diberikan. Hanya pada indikator kelima yaitu kemampuan membuat konjektur, menyusun argument, merumuskan definisi dan generalisasi yang terpenuhi oleh semua subjek. Pada indikator pertama yaitu kemampuan mengungkapkan ide-ide matematika dengan berbicara, menulis, menunjukkan dan menggambarkannya secara visual hanya terpenuhi oleh SE.01, indikator ketiga yaitu kemampuan menghubungkan gambar kedalam ide matematika dipenuhi tiga subjek yaitu SE.01, SE.02, dan SE.03 dan indikator keenam yaitu menggunakan kosa kata matematika, notasi, dan struktur untuk mewakili ide, menggambarkan hubungan dan model situasi hanya terpenuhi oleh satu subjek yaitu SE.03. Sedangkan pada indikator kedua yaitu kemampuan memahami, menafsirkan, dan mengevaluasi ide-ide matematika yang disajikan dalam bentuk tertulis, lisan dan visual dan indikator keempat yaitu membuat konjektur, menyusun argument, merumuskan definisi dan generalisasi sama sekali tidak terpenuhi oleh semua subjek. Dengan demikian, guru perlu melatih siswa dengan membiasakan siswa menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematis untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SISRI DESTRIA |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 07:17 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 07:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16260 |
Actions (login required)
View Item |