IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS AKSELERASI DI SMP N 7 KOTA JAMBI

Wulan Sari, Dwi IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS AKSELERASI DI SMP N 7 KOTA JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349 (Submitted)

[img]
Preview
Text
A1E113029-Artikel.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang berdasarkan fenomena di lapangan yang terjadi pada kelas akselerasi di SMPN 7 Kota Jambi. Menurut wali kelas akselerasi bahwa siswa akselerasi memang memiliki sifat yang acuh, dengan artian rasa simpati dari siswa akselerasi sangat rendah selain rendahnya simpati siswa kemungkinan banyak faktor lain yang mempengaruhi interaksi sosial pada siswa akselerasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan pada proporsi manakah faktor imitasi, faktor sugesti, faktor identifikasi, dan faktor simpati dalam mempengaruhi interaksi sosial pada siswa akselerasi di SMPN 7 Kota Jambi. Mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi interaksi sosial maka penelitian ini dibatasi pada faktor imitasi, faktor identifikasi, faktor sugesti dan faktor simpati dalam mempengaruhi interaksi sosial siswa kelas akselerasi di SMPN 7 Kota Jambi, hal tersebut sesuai dengan yang disebutkan oleh Gerungan (2010:62) bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah faktor imitasi, sugesti, identifikasi dan simpati. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas akselerasi dengan total 43 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Total Sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian dengan n sedikitnya 36 (Sutja,dkk, 2017:102). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan 47 item/ pertanyaan. Data yang diperoleh di olah menggunakan rumus persentase sistem reduksi yaitu . Hasil pengolahan data yang didapatkan adalah faktor imitasi berada pada proporsi sebagian kecil (19%), faktor sugesti berada pada proporsi sebagian kecil (25%), faktor identifikasi berada pada proporsi sebagian kecil (25%) dan faktor simpati berada pada proporsi sebagian kecil (31%). Hasil penelitian ini memberi saran kepada guru agar tidak menilai faktor yang mempengaruhi interaksi sosial hanya berdasarkan satu faktor saja, namun banyak faktor lain seperti imitasi, sugesti, identifikasi dan simpati. Serta guru tidak lagi menilai bahwa siswa akselerasi memiliki faktor simpati yang rendah. Saran kepada guru BK yaitu dengan hasil penelitian ini yaitu dapat membantu siswa akselerasi yang memiliki masalah dalam berinteraksi sosial, dan mengarahkan siswa bagaimana mengimitasi yang baik, menerapkan sugesti yang baik, mengidentifikasi dengan baik, serta terus meningkatkan rasa simpati sehingga interaksi sosial siswa kelas akselerasi dapat berkembang dengan baik pula. Diharapkan siswa akselerasi tidak hanya unggul pada bidang akademik namu juga unggul dalam membangun interaksi sosial.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Dwi Wulan Sari
Date Deposited: 01 Aug 2017 01:58
Last Modified: 01 Aug 2017 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1637

Actions (login required)

View Item View Item