Wahyudi, Dheo (2021) Wahyudi, Dheo (2021)Studi Tentang Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
1. SKRIPSI Dheo Wahyudi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Cover kertas wangi.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
4. Bab 1.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
8. Bab 5.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
9. Daftar pustaka.pdf Download (95kB) |
Abstract
Banyak situasi yang timbul di sekolah atau dalam suatu kelompok yang dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak tenang atau menghadapi pergolakan emosi. Sikap-sikap takut, malu-malu atau agresif dapat merupakan akibat dari ketegangan emosi atau frustrasi dan dapat muncul dengan hadirnya individu tertentu atau situasi-situasi tertentu. Justru karena pandangan kita yang berbeda-beda terhadap setiap orang yang kita jumpai, maka jika kita merespon dengan cara yang sangat khusus terhadap hadirnya individu-individu tertentu akan terangsang timbulnya emosi tertentu. Maka dari itu peneliti menetapkan tujuan dalam penelitian ini yaitu mengungkapkan tingkat kecerdasan emosional siswa dilihat dari aspek mengenal emosi, mengelola emosi, memotivasi diri, empati, dan membina hubungan. Penelitian ini dibatasi hanya pada lima aspek kecerdasan emosional, yaitu mengenal emosi, mengendalikan emosi, memotivasi diri, empati dan membina hubungan. Menurut Salovey (dalam Goleman, 2019:56) menyatakan bahwa kecerdasan emosional terdiri dari mengenali emosi diri atau kesadaran diri, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain atau empati, dan membina hubungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dikenal dengan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Adapun prosedur pengambilan subjek penelitian yaitu dengan menggunakan Random sampling. Dimana subjek penelitian diambil secara acak pada 70 siswa yang berperilaku negativ. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengungkapkan data dalam variabel kecerdasan emosional akan menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penyebaran angket kemudian ditemukan bahwa secara keseluruhan tingkat kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi berada pada tingkatan sedang. Atas dasar itu, maka peran guru pembimbing sangat diperlukan guna membantu dan membimbing siswa untuk meningkatkan kecerdasan emosionalnya sehingga para siswa dapat merasakan perasaan–perasaan yang dialaminya dan mengeskpresikan dengan cara kontruktif, memiliki kemampuan menghargai, menerima diri sendiri, memiliki kemampuan untuk menyadar, memahami, menghargai perasaan orang lain serta memiliki kemampuan membina hubungan social yang baik. Kata kunci : Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Dheo Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 07:11 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 07:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |