Sariah, Ami (2021) Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting Materi Menulis PuisiKelas VIII E SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI AMI SARIAH (A1B117052).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
cover pjj.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
hal persetpengesahan.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
BAB I ami.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB V ami.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
Daftar rujukan.pdf Download (267kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) menggunakan aplikasi zoom meeting materi menulis puisi kelas VIII E SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada 12 November 2020- 27 Januari 2021. Data diperoleh pada saat guru melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) sebagai data awal dan mewawancarai guru kelas VIII E melalui isntrumen penelitian pedoman wawancara untuk guru sebagi data perpanjang. setelah itu peneliti mendeskripsikan hasil data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) menggunakan aplikasi zoom meeting sebagai interaksi antara guru dan siswa dalam penyampaian materi menulis puisi. Dalam penelitian ini guru terlebih dahulu merencanakan/ mendesain pembelajaran seperti merancang RPP, LKPD, dan menyiapkan media pembelajaran lainnya. Pada proses pelaksanaan guru mengimplementasikan proses pembelajaran sesuai RPP yang mana terdapat tiga kegiatan dalam proses pelaksanaan tersebut yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada proses pelaksanaan ini siswa yang mengikuti proses pembelajaran hanya 18-20 siswa dari 32 siswa di kelas tersebut. selanjutnya pada proses evaluasi, guru memberi tugas/ Latihan berupa LKPD. Kemudian penilaian yang digunakan guru sesuai RPP ada dua penilaian yaitu penilaian sikap dan penilaian pengetahuan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih kreatif dalam merencanakan pembelajaran, guru juga berperen penting untuk memotivasi siswa, perlunya bantuan pemerintah untuk memberikan kuota/ fasilitas yang mendukung pembelajaran jarak jauh, selanjutnya, diharapkan agar siswa lebih aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran meskipun pembelajaran dilakukan dengan sistem jarak jauh.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Ami sariah |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 07:12 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 07:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |