ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM BERPIKIR SIMBOLIS MELALUI PERMAINAN DAKON DI TK AL-HIKMAH KOTA JAMBI

Fitri, Ayu (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM BERPIKIR SIMBOLIS MELALUI PERMAINAN DAKON DI TK AL-HIKMAH KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
Caver skripsi fitrii-dikonversi.pdf

Download (235kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN-dikonversi.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP-dikonversi.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Lampiran 1-dikonversi.pdf

Download (385kB)

Abstract

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan di mana anak dapat berfikir secara logis yang diperolehnya melalui informasi-informasi dan ide idenya yang realitas serta menyakut kecerdasan seorang dalam memecahkan suatu masalah.Bermain dakon biasanya melibatkan dua orang dengan menggunakan media papan dakon dan biji-bijian. Lubang pada papan dakon berjumlah 16 buah. Masing-masing sisi papan dakon terdapat 7 buah lubang dan 2 buah lubang di masing-masing pojokan atau ujung papannya.Berdasarkan hasil pengolahan data mengenai Permainan Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak Dalam berfikir Simbolik Anak di TK Al-Hikmah Kota Jambi Pada Aspek Menyebutkan Lambang Bilangan 1-10 berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 78%.Peran Permainan Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak Dalam berfikir Simbolik Anak di TK Al-Hikmah Kota Jambi Pada Aspek Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 85%.Peran Permainan Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak Dalam berfikir Simbolik Anak di TK Al-Hikmah Kota Jambi Pada Aspek Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 82%.Peran Permainan Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak Dalam berfikir Simbolik Anak di TK Al-Hikmah Kota Jambi Pada Aspek Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 76%.Peran Permainan Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak Dalam berfikir Simbolik Anak di TK Al-Hikmah Kota Jambi Pada Aspek Mempresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan ( ada pensil yang di ikuti tulisan dan gambar pensil) berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 77%. Kesimpulanpadapenelitianiniyaitukemampuan kognitif anak dalam berpikir simbolismelaluipermainan dakon Di TK Al-Hikmah Kota Jambi’secara umum berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 80%

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: FITRI AYU
Date Deposited: 18 Feb 2021 06:49
Last Modified: 18 Feb 2021 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16390

Actions (login required)

View Item View Item