Fitri, Ayu (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM BERPIKIR SIMBOLIS MELALUI PERMAINAN DAKON DI TK AL-HIKMAH KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
Caver skripsi fitrii-dikonversi.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN-dikonversi.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB V PENUTUP-dikonversi.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
Lampiran 1-dikonversi.pdf Download (385kB) |
Abstract
Kemampuan kognitif merupakan kemampuan di mana anak dapat berfikir secara logis yang diperolehnya melalui informasi-informasi dan ide idenya yang realitas serta menyakut kecerdasan seorang dalam memecahkan suatu masalah.Bermain dakon biasanya melibatkan dua orang dengan menggunakan media papan dakon dan biji-bijian. Lubang pada papan dakon berjumlah 16 buah. Masing-masing sisi papan dakon terdapat 7 buah lubang dan 2 buah lubang di masing-masing pojokan atau ujung papannya.Berdasarkan hasil pengolahan data mengenai Permainan Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak Dalam berfikir Simbolik Anak di TK Al-Hikmah Kota Jambi Pada Aspek Menyebutkan Lambang Bilangan 1-10 berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 78%.Peran Permainan Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak Dalam berfikir Simbolik Anak di TK Al-Hikmah Kota Jambi Pada Aspek Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 85%.Peran Permainan Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak Dalam berfikir Simbolik Anak di TK Al-Hikmah Kota Jambi Pada Aspek Mencocokan bilangan dengan lambang bilangan berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 82%.Peran Permainan Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak Dalam berfikir Simbolik Anak di TK Al-Hikmah Kota Jambi Pada Aspek Mengenal berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 76%.Peran Permainan Dakon Dalam Meningkatkan Kemampuan kognitif Anak Dalam berfikir Simbolik Anak di TK Al-Hikmah Kota Jambi Pada Aspek Mempresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan ( ada pensil yang di ikuti tulisan dan gambar pensil) berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 77%. Kesimpulanpadapenelitianiniyaitukemampuan kognitif anak dalam berpikir simbolismelaluipermainan dakon Di TK Al-Hikmah Kota Jambi’secara umum berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 80%
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | FITRI AYU |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 06:49 |
Last Modified: | 18 Feb 2021 06:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16390 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |