Struktur Batin Seloko Adat Perkawinan Masyarakat Tanah Pilih Pesako Betuah Kota Jambi Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Puisi Rakyat di SMP

Munzari, Kiftiyah (2021) Struktur Batin Seloko Adat Perkawinan Masyarakat Tanah Pilih Pesako Betuah Kota Jambi Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Puisi Rakyat di SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Full Kiftiyah Munzari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER-dikonversi (1).pdf

Download (26kB)
[img] Text
pengesahan-dikonversi.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (145kB)

Abstract

Munzari,Kiftiyah. 2020. Struktur Batin Seloko Adat Masyarakat Tanah Pilih Pesako Betuah Kota Jambi Sebagai Alternatif Pembelajaran Puisi Rakyat di SMP: Skripsi, Jurussn Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Kamaruddin, M.Pd. (II) Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : struktur batin, seloko, alternatif pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur batin yang terdapat dalam seloko adat perkawinan masyarakat Tanah Pilih Pesako Betuah Kota Jambi dan mendeskripsikan kesesuaiannya sebagai alternatif pembelajaran puisi rakyat di SMP. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 04 Oktober 2020 di sebuah acara pernikahan Imelda dan Hanafi di RT.34 Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Sumber data adalah peristiwa seloko adat perkawinan, dan artikel-artikel dari internet maupun buku-buku penunjang data lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik catat,rekam dan studi pustaka. Hasil penelitin menunjukan bahwa: (1) Terdapat secara lengkap struktur batin pada seloko adat perkawinan masyarakat Tanah Pilih Pesako Betuah Kota Jambi yaitu tema,nada,rasa dan amanat. (2) Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber alternatif pembelajarn puisi rakyat di SMP yaitu pada KD 3.10. Hasil penelitian ini disarankan dapat digunakan guru maupun siswa sebagai alternatif sumber pembelajaran pada materi puisi rakyat dan siswa diharapkan dapat lebih mengenal bagaimana bentuk dari sebuah seloko adat Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: MUNZARI
Date Deposited: 19 Feb 2021 01:13
Last Modified: 19 Feb 2021 01:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16439

Actions (login required)

View Item View Item