Sara, Anisa (2021) Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring Di MTs An-Nizham Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ARTIKEL SKRIPSI ANISA SARA (I1A217008).docx Download (277kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ANISA_SARA (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI.docx Download (17kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL SKRIPSI ANISA SARA (I1A217008).docx Download (281kB) |
![]() |
Text
BAB I Skripsi.docx Download (27kB) |
![]() |
Text
BAB II skripsi.docx Download (44kB) |
![]() |
Text
BAB V skripsi.docx Download (20kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR skripsi.docx Download (17kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (19kB) |
![]() |
Text
Lampiran-Lampiran.docx Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Anisa Sara, Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring Di Mts An-Nizham Kota Jambi. MTs An-Nizham merupakan salah satu tempat sekolah yang berada di Kota Jambi. Penerapan pengajaran di MTs An-Nizham menggunakan metode pembelajaran bahasa arab berbasis daring, siswa yang mengikuti pembelajaran bahasa arab berbasis daring ini sekitar 70%. Adanya pembelajaran bahasa arab berbasis daring karena penyebaran virus corona. Penerapan metode pembelajaran bahasa arab berbasis daring menurut Guru bahasa Arab tidak efektif, karena belum terbiasa menerapkan metode pembelajaran bahasa arab berbasis daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran bahasa Arab berbasis Daring di MTs An-Nizham dan untuk mengetahui bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan metode pembelajran bahasa Arab berbasis Daring di MTs An-Nizham serta solusi. Dalam penilitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Fokus penelitian di MTs An-Nizham tepatnya Di Jl. Inu Kertapati No.5a, Pematang Sulur, Kec. Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361. hasil dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran bahasa arab berbasis daring yang digunakan yaitu metode ceramah (Thariqah AlMuhadara), metode audiovisual (Thariqah sam’i bashori) dan metode terjemah (Thariqah Al-Tarjama). Ketiga metode pembelajaran bahasa arab berbasis daring tersebut tentu memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Media pembelajaran bahasa arab berbasis daring yang digunakan yaitu aplikasi whatsapp dan youtube. Adapun kendala dalam penerapan metode pembelajaran bahasa arab berbasis daring disebabkan ketertinggalnya siswa dalam pembelajaran bahasa arab berbasis daring atau tidak tepat waktu, karena gawai sering dibawa orang tuanya. Kendala berikutnya belum mengenali karakter siswa. Maksudnya karakter siswa adalah sifat-sifat kejiwaan, yang membedakan dari yang lain, seperti tabiat dan watak siswa khususnya kelas VII secara langsung, peserta didik angkatan 2020 lebih dominan alumni sekolah umum dibandingkan dari sekolah ibtidaiyah, ketertinggalan siswa dalam proses pembelajaran pada waktu yang telah ditentukan dan guru tidak mengetahui secara langsung apakah pembelajaran tersebut sudah tersampaikan (paham) atau tidak tersampaikan (tidak paham). Kata Kunci: Metode, Pembelajaran, Bahasa arab, dan Daring.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | SARA |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 07:54 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 07:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |