Impementasi Metode Imla' Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Negeri 2 Kota Jambi

Diana, Nur (2021) Impementasi Metode Imla' Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Negeri 2 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
skripsi nurdiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
cover nurdiana 1.pdf

Download (70kB)
[img] Text
hal pengesahan 1.pdf

Download (52kB)
[img] Text
bab I nurdiana.pdf

Download (4kB)
[img] Text
bab v nurdiana.pdf

Download (1kB)
[img] Text
daftar pustaka nurdiana 1.pdf

Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK Nurdiana, Implementasi Metode Imla’ untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs N 2 Kota Jambi. Skripsi, 2021. Bahasa Arab memiliki empat keterampilan utama yang harus dikuasai yaitu membaca, berbicara, mendengar dan menulis. Dalam pembelajarannya terdapat berbagai macam metode yang bisa diterapkan sesuai dengan kebutuhan atau keterampilan yang ingin dikuasai. Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) N 2 Kota Jambi dalam pembelajaran Bahasa Arab guru menggunakan berbagai metode salah satunya Metode Imla’. Metode Imla’diterapkan karena tidak semua siswa khususnya di kelas VII-H memiliki kemampuan menulis yang baik sehingga perlunya dilakukan peningkatan kemampuan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama, mengetahui implementasi atau penerapan metode Imla’ dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VII-H MTs N 2 Kota Jambi. Kedua, untuk mengetahui kendala yang dialami dalam penerapan metode tersebut, dan yang ketiga, untuk mengetahui solusi yang diupayakan untuk meyikapi kendala yang tejadi dalam penerapan metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menyajikan hasil penelitian dalam bentuk data-data tertulis. Dalam penelitian ini digunakan teknik wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan data dari sumber data. Observasi tidak dapat dilakukan karena terkendala sistem pembelajaran daring yang diterapkan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi covid-19. Dari hasil penelitian, sistem pembelajaran daring ini menjadi salah satu yang menimbulkan kendala dalam penerapan metode Imla’. Selain itu kendala lainnya berkaitan dengan kemampuan menulis siswa, pengetahuan siswa tentang tata penulisan dalam Bahasa Arab dan membedakan bunyi huruf yang memiliki kemiripan. Untuk mengatasi kendala yang timbul, upaya utama yang dilakukan guru Bahasa Arab adalah dengan membuat video pembelajaran semenarik mungkin agar siswa terbantu dalam memahami materi dan juga tidak mengalami kejenuhan dalam belajar. Kata Kunci : Bahasa Arab, Metode Imla’, Pembelajaran Daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: NURDIANA
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:23
Last Modified: 24 Feb 2021 07:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16488

Actions (login required)

View Item View Item