Anggraini, Fenny and Maryono, Maryono and Budiono, Hendra (2021) Implementasi Kegiatan Mengalami pada Pembelajaran Aktif MIKiR pada Masa Pandemi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
TapScanner 23-02-2021-00.22(1).pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
TapScanner 23-02-2021-00.27(2).pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
Abstract
Anggraini, Fenny. (2021) Implementasi Kegiatan Mengalami pada Pembelajaran Aktif Mikir pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Maryono, S.Pd, (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Kegiatan Mengalami, Pembelajaran Aktif MIKiR, Pandemi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan mengalami pada pembelajaran aktif MIKiR pada masa pandemi di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu fenomenologi. Informan yang dipilih dalam penelitian ini yaitu guru kelas V B dan peserta didik kelas V B SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tenik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu SD Negeri 131/IV Kota Jambi telah menerapkan pembelajaran aktif MIKiR pada tiap jenjang kelasnya. Pada kelas VB Implementasi kegiatan mengalami dalam proses pembelajaran dilakukan melalui zoom meeting, whatsapp dan home visit. Zoom metting kegiatannya seperti mengamati penjelasan guru melalui ppt pembelajaran, membaca materi pada ppt di sharescreen layar zoom meeting, membaca buku cerita bersama orangtua dengan tenik membaca cepat dan membaca dalam hati, eksperimen termometer sederhana. Whatsapp kegiatannya seperti mengamati video lagu daerah, mengamati video mengajar guru, Home visit kegiatannya berupa membaca bergiliran. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah implementasi kegiatan mengalami pada pembelajaran aktif MIKiR pada masa pandemi di sekolah dasar dalam bentuk mengamati, membaca dan eksperimen.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | FENNY ANGGRAINI |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 03:27 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 03:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |