MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL HUDA KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA

Aprian, Doni (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL HUDA KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA NURUL HUDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Lembaran Pengesahan.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (195kB)

Abstract

ABSTRAK Doni Aprian, 2021. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Kecamatan Jambi Luar Kota, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Jambi, Pembimbing 1).Eva Iryani, S.Pd.I.,M.Pd.I. Pembimbing 2). Friscilla Wulan Tersta, S.Pd.,M.Pd. Skripsi ini membahas tentang Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Pada Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Huda Kecamatan Jambi Luar Kota. Yang memfokuskan tentang manajemen perencananan pembelajaran bahasa Arab pada kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Huda Kecamatan Jambi Luar Kota. Perencanaan pembelajaran berupa langkah-langkah sistematis dan rasional yang ditetapkan oleh seorang guru sehingga dapat digunakan sebagai panduan dalam melaksanakan dan mengendalikan pembelajaran. Pembelajaran yang baik juga memerlukan manajemen yang profesional sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Huda Kecamatan Jambi Luar Kota dalam merencanakan pembelajaran serta kendala dan upaya yang dilakukan guru bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Adapun Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; manajemen perencanaan pembelajaran Bahasa Arab dikelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Huda Kecamatan Jambi Luar Kota sudah menggunakan Silabus yang bersumberkan dari KMA (Keputusan Kementrian Agama) 183, program semester, menentukan pekan efektif dan tidak efektif serta sudah merencanakan pelaksanaan pembelajaran (RPP) Hal itu semua dilakukan diawal semester. Setelah penulis mengumpulkan perangkat pembelajaran, program tahunan yang disusun guru tidak ada. Kata Kunci : Manajemen, Perencanaan, Pembelajaran Bahasa Arab.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: DONI APRIAN
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:08
Last Modified: 24 Feb 2021 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16508

Actions (login required)

View Item View Item