Yuliana, Tri (2021) Pengembangan E-Book Berbasis Android Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Pada Materi Bnagun Ruang Sisi Lengkung. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
Cover Tri Gita Yuliana (A1C217019).pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan Tri Gita Yuliana (A1C217019).pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi Tri Gita Yuliana (A1C217019).pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB I Tri Gita Yuliana (A1C217019).pdf Download (348kB) |
![]() |
Text
BAB V Tri Gita Yuliana (A1C217019).pdf Download (187kB) |
Abstract
Yuliana, Tri Gita. 2021. Pengembangan E-Book Berbasis Android Dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Sufri, M.Si. (II) Feri Tiona Pasaribu S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: E-Book, Android, STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), Bangun Ruang Sisi Lengkung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Book berbasis android dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi bangun ruang sisi lengkung, yaitu tabung, kerucut dan bola di kelas IX SMP. Penelitian ini dikembangkan dengan berdasarkan tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009) meliputi tahap analyze, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 11 Kota Jambi dengan subjek evaluasi pada uji coba kelompok kecil sebanyak 9 orang peserta didik dengan kriteria rendah, sedang, dan tinggi dari segi kognitif, keterampilan, minat dan bakat. Serta evaluasi pada uji coba lapangan pada kelas IX E yang berjumlah 37 peserta didik. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket validasi instrumen, angket validasi materi, angket validasi desain, angket praktikalitas e-book, angket respon peserta didik, dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa e-book berbasis android dengan pendekatan STEM mengalami beberapa kali revisi hingga menghasilkan e-book yang diharapkan dan bermanfaat. Dengan tingkat kualitas e-book berdasarkan 3 kriteria, yaitu: valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan e-book dari ahli materi 96,36% (sangat valid) dan dari ahli desain 92,5% (sangat valid), 2) persentase kepraktisan e-book oleh pendidik 90,7% dan oleh peserta didik 83,8%, 3) persentase keefektifan e-book dari angket respon peserta didik 86,62% dan dari ketuntasan tes hasil belajar 83,78%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Tri Gita Yuliana |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 03:16 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16555 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |