Ennysah, Tiyara (2021) Tingkat Kontrol Diri Siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Full Text.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER .pdf Download (50kB) |
![]() |
Text
pernyataan & pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya sebagian siswa yang memperlihatkan siswa tidak mematuhi peraturan sekolah, membolos di jam pelajaran, melawan guru, berbicara kotor, ribut di jam pelajaran, merokok, merusak fasilitas sekolah, menyimpan video porno, bermain hp di jam pelajaran, berkelahi dan uploud di sosial media hal ini dibuktikan dari hasil wawancara dan catatan buku kesiswaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat kontrol diri siswa di SMPN 4 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan populasi seluruh siswa kelas VII dan VIII di SMPN 4 Kota Jambi. Jumlah sampel sebanyak 104 responden, penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan model skala likert dengan alternatif lima pilihan jawaban. Kemudian penelitian ini mengolah data menggunakan rumus presentase formula C dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran persentase, mencari panjang intervalnya menggunakan rumus KIN. Hasil penelitian menunjukkan 75,08% siswa di SMPN 4 Kota Jambi memiliki kontrol diri dengan tingkatan tinggi. Jika dilihat perindikator pada deskripsi data menggunakan rumus kontinum interval normative (KIN) aspek kontrol perilaku berada pada tingkatan tinggi sebesar 73,19%, pada aspek kontrol kognitif berada pada tingkatan tinggi sebesar 77,07%, dan pada aspek mengontrol keputusan berada pada tingkatan sedang sebesar 74,63%. Hasil dari pengolahan KIN didapatkan 35 siswa dengan persentase 33,65% dikategorikan tingkatan kontrol dirinya sangat tinggi, sebanyak 40 siswa dengan persentase 38,46% dikategorikan tingkatan kontrol dirinya tinggi, sebanyak 18 siswa dengan persentase 17,3% dikategorikan tingkatan kontrol dirinya sedang, sebanyak 9 siswa dengan persentase 8,65% dikategorikan tingkatan kontrol dirinya rendah dan sebanyak 2 siswa dengan persentase 1,92% dikategorikan tingkatan kontrol dirinya sangat rendah. Hasil penelitian diatas menunjukkan bahwa tingkat kontrol diri siswa cukup baik. Hendaknya guru BK dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kontrol diri siswa. Kata Kunci : Kontrol Diri
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | ENNYSAH |
Date Deposited: | 03 Mar 2021 04:13 |
Last Modified: | 03 Mar 2021 04:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |