Dianti, Nova and Syahrial, Syahrial and Sofwan, Muhammad (2021) IKLIM SEKOLAH KONDUSIF DALAM MEMBENTUK MOTIVASI KERJA GURU. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI NOVA DIANTI (A1D117196).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (633kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
Abstract
ABSTRAK Dianti, Nova. 2021. Iklim Sekolah Kondusif dalam Membentuk Motivasi Kerja Guru: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D., (II) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: Iklim Sekolah Kondusif, Motivasi Kerja Guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan iklim sekolah kondusif melalui lingkungan fisik dan lingkungan sosial sekolah dalam membentuk motivasi kerja guru. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 34/I Teratai pada bulan Nopember sampai dengan Desember 2020. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim sekolah kondusif melalui lingkungan fisik sekolah dalam hal kebersihan, keselamatan, sumber daya, dan kenyamanan yang terjaga kondusifitasnya dapat menjadi trigger atau pemicu terjaganya motivasi kerja guru. Iklim sekolah kondusif melalui lingkungan fisik sekolah merupakan susana yang dapat dilihat dan dirasakan oleh warga sekolah dan berperan dalam membentuk motivasi kerja guru. Iklim sekolah kondusif melalui lingkungan sosial sekolah meliputi sikap saling menghormati, kerja sama, semangat kebersamaan diiringi rasa bangga dan kesetiaan, serta keadilan, yang terjalin secara sehat dan sebagaimana mestinya jika dirasakan guru dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari selama berada di lingkungan sekolah, maka akan menjadi daya pendorong dalam membentuk bahkan menumbuhkan motivasi kerja guru. Dari hasil penelitian ini kepada kepala sekolah disarankan agar memberikan perhatian lebih maksimal kepada guru dalam kerangka menghadirkan motivasi kerja guru dalam pembelajaran, setidaknya motivasi kerja guru dapat diwujudkan sebagai bagian dari sikap profesionalisme guru. Kepada guru disarankan mengoptimalkan lingkungan fisik sekolah sebagai media pembelajaran yang agar kegiatan pembelajaran yang bertema lingkungan dapat tersalurkan melalui wadah yang tepat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Depositing User: | NOVA DIANTI |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 02:44 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 02:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |