PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VII SMP ISLAM TERPADU

Irva Nuri, Nelli (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS VII SMP ISLAM TERPADU. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
Halaman Judul.pdf

Download (29kB)
[img] Text
lembar pegesahann.pdf

Download (801kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (48kB)

Abstract

Nuri, Nelli Irva. 2020. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa Kelas VII SMP ISLAM TERPADU: Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Mujahidawati, M.Si.(II) Dr. Drs. Syaiful, M.Pd Kata Kunci: Discovery Learning, Pemecahan Masalah Matematika, Self Efficacy Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah suatu proses yang dilakukan oleh siswa untuk menemukan jawaban terhadap pernyataan yang dihadapi. Self efficacy adalah suatu keyakinan yang dimiliki seseorang terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan suatu permasalahan hingga mencapai tujuan tertentu pada situasi tertentu. Untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dianggap cocok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa yaitu model pembelajaran discovery learning .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan dan pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa kelas VII SMP ISLAM TERPADU. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan yang berbeda. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 sebanyak 25 siswa sebagai kelas control belajar dengan menggunakan model pemebelajaran langsung dan siswa kelas VII 3 sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen belajar dengan menggunakan model discovery learning. rancangan penelitian yang digunakan adalah Random Pretest Posttest Design. Instrument yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan soal tes, angket, dan lembar observasi. Untuk pengolahan data digunakan uji-t dua pihak. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen sebesar 82,8 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 63,6. Hasil uji thitung dibandingkan ttabel untuk nilai post¬test kemampuan pemecahan masalah matematis siswa didapatkan thitung > ttabel yaitu 7.649414353 > 2.11. Dan rata-rata self-efficacy siswa kelas eksperimen sebesar 83.04 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 56.8. Hasil uji thitung dibandingkan ttabel untuk nilai post¬test self-efficacy siswa didapatkan thitung > ttabel yaitu 14.4994091 > 2.11. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang menerapkan model pembelajaran discovery learning lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung. Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa tersebut dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran yang berbeda. Sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran discovery learning.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: NELLI IRVA NURI
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:13
Last Modified: 02 Mar 2021 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16570

Actions (login required)

View Item View Item