Pengembangan Penuntun Praktikum Termometer Gas Berbasis Keterampilan Proses Sains

Krisdayanti, Nur Tri and Aminoto, Tugiyo and Dani, Rahma (2021) Pengembangan Penuntun Praktikum Termometer Gas Berbasis Keterampilan Proses Sains. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cvr.pdf

Download (143kB)
[img] Text
lp.pdf

Download (182kB)
[img] Text
df isi.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)

Abstract

Pendidikan yang memiliki kualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Beberapa hal yang mempengaruhi mutu pendidikan seperti kurikulum, proses pembelajaran, evaluasi, kualitas pengajaran, sarana dan prasarana. Salah satu bentuk sarana yang digunakan dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu penuntun praktikum. Melalui kegiatan praktikum, peserta didik secara langsung diharapkan pada gejala nyata yang berhubungan dengan konsep pelajaran. Dalam melakukan kegiatan praktikum dibutuhkan keterampilan proses. Salah satu penunjang mutu pendidikan yang mengasah keterampilan proses mahasiswa yaitu keterampilan proses sains. Selain mengasah keterampilan proses, kegiatan praktikum juga dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi model 3D (Define, Design, dan Develop). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018 Pendidikan Fisika Universitas Jambi yang mengontrak matakuliah Fisika Dasar. Pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa angket. Hasil Penelitian ini adalah pada validasi media yaitu ditahap I diperoleh skor sebesar 77,91% dengan kategori sangat baik dan tahap II diperoleh skor sebesar 89,37% dengan kategori sangat baik. Pada validasi materi yaitu ditahap I diperoleh skor sebesar 80,71% dengan kategori baik dan tahap II diperoleh skor sebesar 90,33% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada persepsi mahasiswa untuk keseluruhan indikator diperoleh skor sebesar 87,78% dengan kategori sangat baik.Sehingga berdasarkan hasil dari ahli materi, ahli media dan persepsi mahasiswa maka penuntun praktikum ini layak digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Tri Krisdayanti
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:30
Last Modified: 05 Mar 2021 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16607

Actions (login required)

View Item View Item