Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMAN 1 Muaro Jambi dalam Menyelesaikan Soal Fisika

Damanik, Citra Arie (2020) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMAN 1 Muaro Jambi dalam Menyelesaikan Soal Fisika. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
skripsi a1c316041.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
cover judul.pdf

Download (27kB)
[img] Text
hal persetujuan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
bab_1_fix_marginnya[1].pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (111kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terdapat pada siswa pada saat menyelesaikan soal fisika yang cenderung menyelesaikan dengan meniru cara yang telah diberikan guru dan cenderung menyalin penyelesaian dari internet. Siswa tidak dapat memberikan penyelesaian dengan cara yang berbeda serta kurang terperinci. Penggunaan sumber belajar dan media di kelas tidak dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar fisika sehingga kurang meningkatkan kekreatifan siswa. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah fisika yang ditujukan pada siswa kelas XII di SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan desain penelitian kualitatif . Instrument pada penelitian ini menggunakan soal essai kemampuan berpikir kreatif pada materi besaran dan satuan, pengukuran, Hukum Newton, fluida statis, teori kinetik gas, suhu dn kalor serta listrik dinamis. Instrument soal berjumlah 10 butir soal sesuai indikatr berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, orisinalitas, elaborasi, dan evaluasi. Soal kemampuan berpikir kreatif diadaptasi dan dimodifikasi pada kalimat-kalimat yang digunakan dalam soal. Untuk memperdalam analisis terhadap hasil pekerjaan siswa pada soal kemampuan berpikir kreatif maka dilakukan wawancara tidak terstruktur. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu dengan beberapa pertimbangan.. Untuk mempermudah analisis maka dilakukan pemebrian inisial terhadap siswa yaitu S1, S2, S3, S4 dan S5. Hasil penelitian menunjukan bahwa ke- 5 subjek belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif secara optimal. Berdasarkan analisis terhadap hasil pekerjaan dan hasil wawancara maka diperoleh : (1) S1 mampu memenuhi indikator orisinalitas, (2) S2 mampu memenuhi indikator keluwesan dan evaluasi, (3) S3 mampu memenuhi indikator kelancaran, keluwesan, orisinalitas dan evaluasi, (4) S4 memenuhi indikator keluwesan, orisinalitas, elaborasi dan evaluasi dan (5) S5 mampu memenuhi indikator evaluasi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LATIFAH
Date Deposited: 04 Mar 2021 06:56
Last Modified: 04 Mar 2021 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16631

Actions (login required)

View Item View Item