Wulandari, Sintiasih Desain Media Pembelajaran IPA Terpadu Menggunakan Software Lectora Inspire Pada Materi Tekanan Zat Untuk Siswa SMP Kelas VIII. EduFisika.
![]() |
Text
A1C310038-ARTIKEL.docx Download (541kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui persepsi siswa terhadap pengembangan media pembelajaran menggunakan software Lectora Inspire v.12.1.4 pada materi pokok Tekanan Zat untuk siswa SMP Kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan metode penelitian oleh Arif S. Sadiman, yaitu dimulai dari analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan butir-butir materi, menyusun instrumen evaluasi, menyusun naskah/ draft media, melakukan validasi ahli, melakukan uji coba dan melakukan revisi. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan ahli media serta angket persepsi siswa. Teknik analisis data yang berupa saran dari validator dilakukan secara deskriptif kualitatif, sedangkan skor angket persepsi siswa dilakukan secara statistik deskriptif. Media pembelajaran dikemas dalam bentuk CD-ROM dalam format .exe yang dijalankan secara offline menggunakan PC/laptop. Media pembelajaran ini telah divalidasi oleh validator ahli media dan ahli materi dan telah dinyatakan valid, selanjutnya dilakukan uji coba dan pengambilan data persepsi siswa di SMPN 8 Kota Jambi dengan hasil indikator desain pembelajaran dengan persentase 80,9%, indikator materi dengan persentase 85,0% dan indikator keterbacaan media dengan persentase 80,0%. Rata-rata keseluruhan indikator adalah 81,9% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa desain media pembelajaran IPA Terpadu pada materi pokok Tekanan Zat menggunakan software Lectora Inspire v.12.1.4 untuk siswa SMP Kelas VIII baik/ layak digunakan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SINTIASIH WULANDARI |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 07:06 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 07:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |