Solihat, Iis PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA-FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MUARO JAMBI. JURNAL PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA-FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MUARO JAMBI.
|
Text
ARTIKELLL.pdf Download (428kB) | Preview |
Abstract
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA-FISIKA KELAS VIII SMP NEGERI 6 MUARO JAMBI 1) Iis Solihat, 2) Rahma Dani 1)Alumni S1 Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Jambi 2)Dosen Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Jambi Email: iiz_solihat@yahoo.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa di kelas VIIID SMP Negeri 6 Muaro Jambi dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus melalui tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIID semester II SMP Negeri 6 Muaro Jambi tahun ajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 23 orang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri lembar observasi kreativitas siswa, lembar observasi guru dan tes yang berupa uraian. Teknik analisi data kreativitas siswa secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada siklus I kreativitas siswa masih rendah ini dapat dilihat dari rata-rata kreativitas siswa adalah 8,0 dan persentase rata-rata penilaian kreativitasnya adalah 34,82% dan dilihat dari rata-rata hasil tes 44,2 dan hanya 1 siswa yang tuntas. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran pada siklus I belum berjalan sesuai dengan sintak model pembelajaran yang digunakan. Kendala yang dihadapi pada pelaksanaan proses belajar mengajar pada siklus I diantaranya siswa tidak aktif dalam bertanya tentang materi yang belum dimengerti. Solusi dari kendala tersebut guru harus merancang percobaan yang tepat untuk menumbuhkan kreativitas siswa. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar terbiasa menjawab pertanyaan dan bertanya mengenai materi yang belum dimengerti. Pada siklus II kreativitas siswa dikategorikan cukup baik hal ini dapat dilihat dari rata-rata kreativitas siswa adalah 13,6 dengan persentase penilaian kreativitas adalah 59.12% dan dilihat dari rata-rata hasil tes 84,4 dengan rata-rata persentasenya adalah 86%. Meskipun terjadi peningkatan pada siklus II, pada pelaksanaanya masih terdapat beberapa siswa kurang aktif dalam berdiskusi dan menyampaikan pendapatnya. Solusinya guru membimbing siswa untuk berdiskusi dan mengarahkan siswa untuk mengeluarkan pendapatnya mengenai materi pembelajaran. Pada siklus III kreativitas siswa meningkat menjadi 20,2 sedangkan untuk rata-rata persentasenya sebesar 87,82% dan rata-rata hasil tes 82,9 dengan rata-rata persentesnya 91%.Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science dapat meningkatkan kreativitas siswa di kelas VIIID SMP Negeri 6 Muaro Jambi. Kata kunci: Kreativitas, model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS)
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | IIS SOLIHAT |
Date Deposited: | 01 Aug 2017 07:06 |
Last Modified: | 01 Aug 2017 07:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1667 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |