Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan LKS dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kota Jambi

Novriana, Serina Rizki Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan LKS dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kota Jambi. Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan LKS dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kota Jambi. (Submitted)

[img]
Preview
Text
RSA1C113027-ARTIKEL.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model dalam penelitian ini dilatarbelakangi bahwa guru masih menerapkan model pembelajaran Direct Intruction dengan metode ceramah-diskusi. Akibatnya keterampilan berpikir siswa kurang dioptimalkan, sehingga akan mempengaruhi kemampun berpikir kritis siswa tidak berkembang dengan baik dalam proses menemukan konsep pembelajaran. Untuk itu perlu diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI, yaitu suatu model pembelajaran gabungan antara individual dan kooperatif. Dengan model kooperatif tipe TAI, siswa secara individu berperan aktif selama proses pembelajaran dan memiliki tanggungjawab dengan nilai yang diperolehnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model kooperatif tipe TAI serta pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan desain Mix Method. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, kemampuan berpikir kritis siswa serta tes berupa soal essay. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model kooperatif tipe TAI dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji signifikansi dengan uji t. Keterlakasanaan model kooperatif tipe TAI oleh guru memiliki persentase sebesar 73,61% dikategorikan baik, persentase model oleh siswa sebesar 65,40% dengan kategori baik, persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 64,90% dengan kategori baik, dan tes kemampuan berpikir kritis sebesar 60,93%. Hubungan keterlaksanaan model kooperatif tipe TAI dengan kemampuan berpikir kritis diperoleh r=0,598 dengan tingkat hubungan pada kategori sedang. Uji signifikansi dilakukan dengan uji t dengan diperoleh 0,00 < 0,05. Dengan demikian, hipotesis penelitian Ha diterima yaitu terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara keterlaksanaan model kooperatif tipe TAI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 7 Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: SERINA RIZKINOVRIANA
Date Deposited: 02 Aug 2017 06:22
Last Modified: 02 Aug 2017 06:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item View Item