Studi Komparatif Pengelolaan Kelas Tatap Muka dan secara Virtual Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

Arfiana, Mia and Sofwan, Muhammad and Sholeh, Muhammad (2021) Studi Komparatif Pengelolaan Kelas Tatap Muka dan secara Virtual Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (466kB)

Abstract

ABSTRAK Mia, Arfiana 2021, “Studi Komparatif Pengelolaan Kelas Tatap Muka dan Secara Virtual Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas Tatap Muka, Pengelolaan Kelas Virtual Pendidikan terkena dampak dari adanya pandemi covid-19. Adanya pandemi covid-19 pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang pelaksanaan pembelajara secara daring atau jarak jauh. Guru memiliki peran penting dalam mengelola kelas, pengelolaan kelas yang biasanya dilakukan di ruang kelas namun beralih secara virtual akibat dampak dari adanya pandemi. Guru dapat mengelola kelas tatap muka dan secara virtual, maka terdapat perbedaan mengenai pengelolaan kelas tatap muka dan secara virtual pada pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas tatap muka dan secara virtual pada pembelajaran di SDIT Ahmad Dahlan tepatnya pada kelas IVC. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian studi komparatif karena permasalahan mengenai perbandingan pengelolaan kelas tatap muka dan secara virtual pada pembelajaran di sekolah dasar. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dalam pengelolaan kelas tatap muka dan pengelolaan kelas virtual adalah mengatur kondisi kelas dari ruangan, keindahan kelas, pengaturan tempat duduk, dan kebersihan kelas. Mengatur kondisi sosio-emosional dari tipekepemimpinan guru, sikap guru, dan pengelolaan pekerjaan/tugas siswa. Persamaan pengelolaan kelas tatap muka dan secara virtual pada pembelajaran, yaitu guru menata keindahan kelas dengan menempel hasil karya siswa di dinding kelas maupun di dinding rumah masing-masing, menjaga kebersihan kelas dengan membuat jadwal piket dan memngingatkan siswa untuk menjaga kebersihan rumah dengan membersihkan ruang belajar, guru memiliki gaya kepemimpinan demokratis sehingga dapat menumbuhkan sikap aktif siswa, guru selalu memberikan motivasi kepada siswa untuk tetap semangat belajar, dan membuat peraturan dalam pengumpulan tugas agar siswa memiliki sikap disiplin. Sedangkan perbedaan pengelolaan kelas tatap muka dan pengelolaan kelas virtual adalah ruangan dan peraturan pengaturan tempat duduk.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: MIA ARFIANA
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:02
Last Modified: 09 Mar 2021 03:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16700

Actions (login required)

View Item View Item