ANALISIS METACOGNITIVE MIRAGE MAHASISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR ARTZT DAN ARMOUR-THOMAS PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS JAMBI

Samsara Arjadi Ginting, Dodi (2020) ANALISIS METACOGNITIVE MIRAGE MAHASISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN PROSEDUR ARTZT DAN ARMOUR-THOMAS PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER (JUDUL).pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (326kB)

Abstract

Ginting, Dodi Samsara Arjadi. 2020. Analisis Metacognitive Mirage Mahasiswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Prosedur Artzt dan Armour-Thomas Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr. Nizlel Huda, M.Kes, (II) Dra. Dewi Iriani, M.Pd. Kata Kunci : Metacognitive Mirage, Pemecahan Masalah Matematika, Prosedur Artzt dan Armour-Thomas Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metacognitive mirage yang dialami mahasiswa dalam pemecahan masalah matematika, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses terjadinya metacognitive mirage mahasiswa pada pemecahan masalah matematika berdasarkan prosedur Artzt dan Armour-Thomas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi yang telah lulus mata kuliah Kapita Selekta Sekolah Menengah I dengan tingkatan nilai yang berbeda. Dari 15 mahasiswa yang diambil sebagai calon subjek dikelompokkan menjadi 3 kelompok berdasarkan hasil jawaban dan analisis yang sama serta cara pemecahan masalah yang digunakan. Kelompok pertama adalah mahasiswa yang menjawab soal berdasarkan analisis dengan mengabaikan perhitungan yang benar. Kelompok yang kedua adalah mahasiswa yang menjawab soal berdasarkan analisis dengan menggunakan rumus yang salah. Kelompok yang ketiga adalah mahasiswa yang menjawab soal berdasarkan analisis dengan menggunakan logika dan narasi. Kemudian dari 3 kelompok diambil 1 mahasiswa untuk perwakilan setiap kelompok yang menjadi subjek penelitian. S1 adalah subjek pertama, S2 adalah subyek yang kedua dan S3 adalah subyek yang ketiga. Data penelitian diperoleh dari lembar kerja mahasiswa dengan think aloud dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa S1 mengalami 5 kali metacognitive mirage yang diamati dari aktivitas metakognitif yaitu awareness, evaluation dan regulation pada prosedur merencanakan, menerapkan dan memverifikasi. S2 mengalami 5 kali metacognitive mirage yang diamati dari ketiga aktivitas metakognitif yaitu awareness, evaluation dan regulation pada prosedur merencanakan, menerapkan dan memverifikasi. S3 mengalami 2 kali metacognitive mirage yang diamati dari aktivitas metakognitif yaitu evaluation dan regulation serta prosedur menerapkan dan memverifikasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DODI SAMSARA ARJADI GINTING
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:30
Last Modified: 08 Mar 2021 07:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16732

Actions (login required)

View Item View Item